Salin Artikel

Sejumlah Petugas Pemadam Karhutla di Ketapang Alami Sesak dan Pingsan

KETAPANG, KOMPAS.com - Sejumlah petugas pemadam kebakaran hutan dan lahan di Jalan Pelang, Kecamatan Matan Hilir Selatan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat (Kalbar) mengalami sesak dam pingsan.

Ketua Satuan Tugas Informasi Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalbar Daniel mengatakan, petugas tersebut kelelahan karena telah beberapa hari berjibaku dengan asap dan api.

“Kami mendapat laporan dari lapangan saat memadamkan api banyak petugas kita yang pingsan,” kata Daniel kepada wartawan, Selasa (22/8/2023).

Daniel mengakui, jumlah petugas yang memadamkan api memang terbatas. Sementara lahan yang terbakar cukup luas, ditambah lagi angin bertiup kencang dan mengarah ke petugas pemadam.

“Petugas kita lelah dan capek, kondisi fisik sudah tidak kuat karena mereka sudah melakukan pemadaman sejak beberapa hari lalu,” ucap Daniel.

Sebelumnya, Kepala Daops Manggala Agni Ketapang, Rudi Windra Darisman mengatakan, berdasarkan informasi Sistem Peringkat Bahaya Kebakaran (SPBK), kondisi di Kabupaten Ketapang telah memasuki tingkat ekstrem.

Dalam hal ini suhu kian meningkat, sementara kadar air bahan bakar dan kelembaban relatif semakin menurun.

Dia mengatakan ada kendala yang dihadapi petugas saat melakukan pemadaman. Di antaranya sumber air yang minim dan letaknya jauh dari lokasi kebakaran.

“Sehingga sarana dan prasaran pemadaman harus diangkut dari tepi jalan menuju sumber air menggunakan alat berat,” kata Rudi.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/22/233046378/sejumlah-petugas-pemadam-karhutla-di-ketapang-alami-sesak-dan-pingsan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke