Salin Artikel

Kronologi Aksi Massa di Perkebunan Sawit Belitung yang Berujung Kendaraan dan Perkantoran Dibakar

BANGKA, KOMPAS.com - Sengketa lahan perkebunan sawit di wilayah Membalong, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, berakhir anarkis.

Sebanyak dua kendaraan dan bangunan kantor milik PT Foresta Lestari Dwikarya hangus dibakar massa, Rabu (16/8/2023).

Selanjutnya pada Kamis (17/8/2023), massa menebang pohon sawit menggunakan chainsaw dan melintangkannya di badan jalan perkebunan.

Massa yang berasal dari sejumlah desa di Membalong mengamuk karena perusahaan tetap melakukan panen besar-besaran di lahan seluas 100 hektar yang sedang disengketakan.

Lahan yang berlokasi di Desa Kembiri tersebut diyakini berada di luar hak guna usaha (HGU) PT Foresta, anak usaha Sinar Mas.

Kepala Bidang Humas Polda Bangka Belitung, Kombes Jojo Sutarjo mengatakan, sebanyak 300 personel telah diberangkatkan ke Membalong untuk upaya pengamanan.

Tim gabungan tersebut berasal dari kesatuan Brimob, Samapta, dan Direktorat Kriminal Umum.

"Sudah diberangkatkan kemarin dan hari ini untuk backup pengamanan di Membalong," kata Jojo kepada Kompas.com, Jumat (18/8/2023).

Jojo mengingatkan massa agar tidak terprovokasi dan tidak melakukan tindak pidana dalam menyampaikan aspirasinya.

Dari catatan Kompas.com, aksi anarkistis yang dilakukan massa merupakan puncak dari rentetan polemik yang muncul sejak beberapa waktu lalu.

Sebelumnya massa telah menggelar aksi demo, hingga audiensi antar-kepala daerah, namun gagal meredam aksi massa.

Berikut rangkaian polemik sengketa lahan yang melibatkan PT Foresta dan masyarakat desa di Membalong, Belitung.

5 Juli 2023

Massa dari Desa Kembiri menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Foresta Lestari Dwikarya. Massa menuntut hak lahan plasma 20 persen dan meminta pengukuran ulang HGU.

10 Juli 2023

Aksi demo kembali terjadi. Kali ini dilakukan massa di depan kantor bupati Belitung. Massa yang hadir berasal dari berbagai desa, antara lain Desa Kembiri, Desa Perpat, Desa Perawas, dan Desa Membalong.

Massa juga meminta manajemen perusahaan sawit di tingkat pusat segera bertemu untuk membicarakan persoalan lahan.

13 Juli 2023

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar rapat tertutup di kantor bupati Belitung. Mereka membahas aksi demo terkait perkebunan sawit. Bupati Belitung Sahani Saleh juga mengungkap soal kontribusi dana sosial perusahaan yang minim.

17 Juli 2023

Bupati Belitung Sahani Saleh bertemu Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu di rumah dinas gubernur. Mereka membicarakan tuntutan warga dan kewajiban PT Foresta.

18 Juli 2023

Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu bertemu manajemen PT Foresta.

Pihak menajemen mengungkapkan telah menyediakan sekitar 570 hektar lahan plasma yang dikelola murni oleh masyarakat, bahkan bersedia untuk membuka lahan plasma baru untuk memenuhi tuntutan 20 persen, walaupun di wilayah yang berbeda dengan harapan masyarakat. 

20 Juli 2023

Massa dari sejumlah desa kembali menggelar aksi demo di kantor PT Foresta di Dusun Aik Gede, Kecamatan Membalong.

11 Agustus 2023

Bupati Belitung Sahani Saleh mengeluarkan surat keputusan Nomor 100.3.4/475/KEP/DKPP/2023 tentang penetapan hasil penilaian usaha perkebunan PT Foresta Lestari Dwikarya.

Surat keputusan ini antara lain meminta perusahaan untuk segera menyelesaikan sengketa lahan. Salah satunya terkait penanaman sawit tahun 1997 yang dilakukan di lahan sertifikat masyarakat tahun 1987 seluas 17 persil.

16 Agustus 2023

Aksi demo di perkebunan PT Foresta mengakibatkan dua kendaraan yang terdiri dari satu unit dumtruck dan satu unit mobil damkar perusahaan hangus terbakar. Selain itu, gedung perkantoran juga ludes dilahap kobaran api.

17 Agustus 2023

Massa menggelar aksi di lahan sengketa di Desa Perpat dengan menebang pohon sawit hingga melintang di jalan perkebunan.

17 Agustus 2023

Personel bantuan dari Markas Polda Bangka Belitung dikerahkan ke Membalong Belitung.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/18/203105178/kronologi-aksi-massa-di-perkebunan-sawit-belitung-yang-berujung-kendaraan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke