Salin Artikel

Upacara HUT Ke-78 RI yang Unik, Kibarkan Sang Saka Merah Putih di Sungai Juwana Pati

Mereka menggelar upacara bendera nan sederhana di Sungai Juwana wilayah Desa Purworejo, Kecamatan Pati, Kamis (17/8/2023).

Kegiatan perdana ini digagas oleh sekumpulan relawan peduli Sungai Juwana yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Peduli Sungai Juwana (Jampisawan).

Upacara peringatan HUT RI ini melibatkan siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda, Karang Taruna, perangkat desa dan Kelompok Nelayan Silugonggo, mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Kristen (STAK) Wiyata Wacana Pati, perwakilan Gerakan Pemuda Ansor dan sejumlah organisasi lainnya.

Upacara dikemas cukup menarik, di mana tiang "Sang Saka Merah Putih" sengaja ditancapkan di tengah sungai.

Saat upacara berlangsung, para pengibar bendera menghampiri tiang dengan cara berenang hingga diakhiri proses pengibaran bendera berukuran 1x2 meter. Sementara paduan suara dan inspektur upacara berada di atas dua perahu berbeda.

Adapun para peserta dan sejumlah petugas upacara berdiri khidmat di bantaran sungai.

Koordinator Jampisawan Sunhadi mengatakan, upacara bendera di Sungai Juwana rencananya akan digelar setiap tahunnya. Harapannya, menggairahkan kesadaran masyarakat menyoal pentingnya keberadaan Sungai Juwana bagi perputaran kehidupan.

"Semoga kegiatan ini warga bisa tergugah tentang pentingnya menjaga sungai dari kerusakan maupun pencemaran. Masak sudah 78 tahun merdeka sungai kita masih kumuh begini," terang Sunhadi.

Menurut Sunhadi, Sungai Juwana hingga saat ini masih dijadikan sasaran untuk tempat pembuangan sampah rumah tangga, pembuangan limbah industri dan lokasi mencari ikan dengan cara menyetrum dan meracun.

"Bagi Jampisawan, ini ironi di 78 tahun kemerdekaan RI. Sungai Juwana sepanjang 62,6 kilometer yang melintasi 6 Kecamatan ini sepatutnya kita rawat semaksimal mungkin," tambah Sunhadi.

Dijelaskan Sunhadi, Jampisawan merupakan satu-satunya organisasi kelompok peduli sungai yang selama ini fokus memerhatikan keberlangsungan Sungai Juwana.

"Jampisawan tahun ini mengikuti lomba kelompok peduli sungai tingkat jawa tengah dan berhasil mendapat juara 2. Sekali lagi, ayo masyarakat jaga kelestarian sungai," pungkas Sunhadi.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/18/063619178/upacara-hut-ke-78-ri-yang-unik-kibarkan-sang-saka-merah-putih-di-sungai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke