Salin Artikel

Desa Binuang yang Serba Terbatas, Hanya Punya Satu Puskesmas Pembantu dan Tak Ada Sekolah SMA

BINUANG, KOMPAS.com - Fasilitas pendidikan dan kesehatan rupanya masih menjadi hal langka di wilayah perbatasan Indonesia. Hal ini seperti yang terjadi di Desa Binuang di Kecamatan Krayan Tengah, Kalimantan Utara.

Di Desa Binuang hanya memiliki fasilitas kesehatan berupa puskesmas pembantu (pustu). Di pustu tersebut hanya ada satu bidan dan satu perawat. Sementara jumlah penduduk desa ini ada 300 kepala keluarga (KK).

Persoalan menjadi pelik saat kesehatan warga yang perlu penangan medis lengkap. Sementara fasilitas di Pustu terbatas. 

"Kalau kondisi gawat darurat harus terbang ke Malinau. Kalau ada melahirkan juga di rumah, dibantu bidan atau warga," kataKepala Desa Binuang, Kalvin, kepada Kompas.com di Binuang, Rabu (16/8/2023).

Tidak hanya itu, warga yang hendak memperoleh surat keterangan sehat untuk menjadi ASN atau polisi pun mengalami kesulitan. 

"Setiap tes polisi atau ASN semua minta surat kesehatan. Warga harus ke Long Bawan, jauh pakai motor. Kalau ke Nunukan mesti pakai pesawat," katanya. 

Kalvin berharap, pemerintah dapat membangun puskesmas atau klinik supaya bisa ditempati dokter.

Anak-anak di Desa Binuang harus pergi Long Layu atau Long Bawan untuk melanjutkan pendidikan SMA. Sementara Jarak dari Binuang ke Long Layu di Krayan Selatan sekitar 46 kilometer.

"Long Bawan (Krayan Induk) 46 kilometer. Tapi, jalannya tidak bagus," kata dia.

Dia juga berharap pemerintah bisa membangun sekolah SMA di Binuang agar warga bisa mengakses pendidikan dengan mudah. 

Liputan pemantauan progres pembangunan jalur Malinau-Krayan ini akan menjadi cerita serial di Kompas.com. Tim Kompas.com dibekali apparel dari Eiger. Nantikan cerita menarik lainnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/17/011251678/desa-binuang-yang-serba-terbatas-hanya-punya-satu-puskesmas-pembantu-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke