Salin Artikel

Saat Bendera Merah Putih Raksasa Dibentangkan di Wilayah Rawan KKB...

JAYAPURA, KOMPAS.com - Personel TNI dari Satgas YPR 330/TD melakukan aksi pembentangan bendera Merah Putih raksasa di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, Senin  (14/8/2023).

Aksi pembentangan bendera berukuran panjang 100 meter dan lebar 7 meter tersebut menjadi istimewa karena dilakukan di wilayah yang tergolong rawan karena kerap terjadi aksi kriminal yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

"Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme terhadap masyarakat Kabupaten Intan Jaya, sehingga mari kita bersama-sama menjaga situasi keamanan di wilayah Kabupaten Intan Jaya ini," ujar Dansatgas Yonif 330/TD Mayor Inf Dedy Pungky Irawanto, melalui keterangan tertulis, Selasa (15/8/2023).

Menurut dia, semua stakeholder yang ada di Intan Jaya turut serta dalam aksi pembentangan tersebut dan hal ini ia anggap sebagai bentuk rasa nasionalisme yang besar di tempat yang rawan aksi kriminal bersenjata.

"Wilayah Sugapa, Intan Jaya, selama ini tidak jarang terjadi gangguan keamanan dan aksi teror dari KKB, namun di saat momen mendekati HUT Kemerdekaan ke-78 RI tahun 2023 ini, masyarakat Sugapa beserta aparat setempat melaksanakan perayaan dengan mengibarkan bendera Merah Putih raksasa sebagai simbol jiwa patriotik dan semangat nasionalisme terhadap NKRI," kata Dedy.

Pj Bupati Kabupaten Intan Jaya Apolos Bagau yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi aksi pembentangan bendera raksasa yang ia harapkan bisa menunjukkan kepada semua pihak bahwa Intan Jaya merupakan kawasan yang aman.

“Kami menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas upaya Satgas Yonif PR 330 yang telah menyelenggarakan kegiatan deklarasi Merah Putih dengan membentangkan bendera Merah Putih raksasa ini,” katanya.

Ia pun berharap situasi keamanan di Intan Jaya akan semakin kondusif sehingga roda pemerintahan dan pembangunan bisa berjalan dengan baik dan kesejahteraan masyarakat bisa ditingkatkan.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/16/063337278/saat-bendera-merah-putih-raksasa-dibentangkan-di-wilayah-rawan-kkb

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke