Salin Artikel

HUT ke-78 RI, Pelajar Kendari Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 17 Kilometer

KENDARI, KOMPAS.com -  Sebanyak 17.000 pelajar di Kota Kendari dan kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Selasa (15/8/2023) ikut terlibat dalam parade merah putih untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan ke-78 Indonesia. 

Ribuan pelajar SMA dan SMK di kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan berbaris di jalan protokol sambil membentang bendera merah putih sepanjang 17 kilometer dari titik nol kilometer Kota Kendari, atau tepatnya di depan Masjid Al Madinah Kelurahan Benu-Benua, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari hingga berakhir di Kelurahan Konda, Kabupaten Konawe Selatan. 

Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan, kegiatan parade merah putih sepanjang 17 kilometer ini sebagai simbol perjuangan yang telah dilakukan para pejuang dalam mempertahankan kedaulatan bangsa dan negara kita Indonesia. 

"Ini sangat luar biasa menurut saya dan ini merupakan sejarah baru di Sulawesi Tenggara," ungkap Ali Mazi usai menghadiri parade merah putih di sekitar Kendari Beach kota Kendari, Selasa (15/8/2023)

Untuk itu, Gubernur Ali Mazi mengajak para pelajar untuk bersama-sama merawat kesatuan dan persatuan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Yusmin menjelaskan bahwa bendera merah putih yang dibentangkan oleh 17 ribu pelajar ini dibuat langsung oleh para pelajar dari 7 SMKN di Sultra. 

"Biasanya yang ada bendera dibeli, tapi untuk bendera merah putih ini dijahit langsung para siswi SMKN selama satu bulan. Yakni terdiri dari 2 SMK di Kota Kendari, dua SMK di Kabupaten Konawe, satu SMK di Kabupaten Kolaka, satu SMK di Kota Baubau dan satu SMK di Kabupaten Muna," terang Yusmin di kantor Dikbud Sultra. 

Kegiatan parade merah putih ini, lanjutnya, sebagai wujud rasa cinta kepada tanah air, bangsa dan negara yang diperingati setiap 17 Agustus sebagai HUT ke 78 RI. 

Ia menambahkan, tak hanya parade merah putih kegiatan ini juga dimeriahkan oleh 16 drumband dari SMU/SMK di Kota Kendari dengan lagu-lagu kemerdekaan. 

Sementara itu, salah satu pelajar yang ikut membentangkan bendera ini menyampaikan rasa haru karena bisa terlibat dalam kegiatan parade merah putih dalam rangka perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia. 

Parade merah putih yang baru pertama kali digelar di Kota Kendari disambut penuh suka cita warga kota Kendari.

"Ini keren dan langka karena baru pertama kali diadakan di kota Kendari. Semoga Indonesia tetap jaya dan dipenuhi keberkahan di usia 78 tahun," ungkap Rini, salah seorang warga Baruga, Kota Kendari. 

https://regional.kompas.com/read/2023/08/15/192214478/hut-ke-78-ri-pelajar-kendari-bentangkan-bendera-merah-putih-sepanjang-17

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke