Salin Artikel

Warga Gelar Ritual Usir Harimau di Aceh Timur

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Masyarakat di Desa Panton Rayeuk Tsa, Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur, menggelar ritual mengusir harimau di kawasan itu. Sebelumnya, satu sapi milik petani lokal, Andi, dilaporkan tewas diterkam harimau.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1 Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Kamarudzaman per telepon, Selasa (15/8/2023) menyebutkan, tim BKSDA Aceh telah tiba di pedalaman Aceh Timur itu.

“Tim sudah bicara dengan masyarakat. Masyarakat lokal menyatakan akan buat ritual dulu. Mereka juga sudah lama tidak buat ritual dan itu diakui oleh masyarakat. Kami ikuti kearifan lokal,” kata Kamarudzaman.

Dia menyebutkan, masyarakat juga sementara waktu tidak berada di kawasan hutan, sehingga peristiwa yang sama tidak terulang lagi.

Saat ditanya apakah akan dilakukan pemantauan dengan memasang kamera, ia mengungkapkan belum sampai ke tahap itu. 

“Langkahnya itu saat ini tim masih di lapangan untuk memastikan keamanan masyarakat dari gangguan harimau. Tim akan petakan langkah yang tepat, sampai tahap pemasangan kamera pengawas, dan pengusiran harimau,” imbuh Kamarudzaman.

Sevelumnya diberitakan, satu sapi milik Andi, warga Desa Panton Rayeuk Tsa, Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur, tewas diterkam harimau. Polisi mengimbau warga untuk sementara waktu tidak berada di kawasan hutan.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/15/161952478/warga-gelar-ritual-usir-harimau-di-aceh-timur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke