Salin Artikel

Polairud Polda Jateng: 52 Kapal Terbakar di Pelabuhan Jongor Tegal

Dalam peristiwa yang terjadi sejak pukul 19.00 WIB Senin (14/8/2023), sedikitnya sudah menghanguskan 52 kapal nelayan.

"Diidentifikasi ada 52 kapal yang terbakar," kata Direktur Polisi Air dan Udara (Dirpolairud) Polda Jateng Kombes Pol Hariadi, saat meninjau lokasi kebakaran di Pelabuhan Jongor Tegal, Selasa (15/8/2023).

Dijelaskan Hariadi, Tim Labfor Polda Jateng masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebab pasti kebakaran. "Untuk penyebab kebaran masih dalam penyelidikan," kata Hariadi.

Pihaknya, kata Hariadi sedang membahas langkah antisipasi agar insiden kebaran tidak kembali terulang di kemudian hari.

"Kita sedang membicarakan langkah langkah terkait bagaimana tindaklanjut agar Pelabuhan Jongor bisa aman. Olah gerak kapal, bongkar muat agar berjalan dengan baik, ini masih kita rumuskan," kata Hariadi.

Pantauan Kompas.com, terlihat petugas pemadam masih berusaha memadamkan api. Kepulan asap pekat masih keluar dari sejumlah kapal. Titik-titik api juga masih terlihat.

Keberadaan kapal yang saling berimpitan disertai angin kencang membuat api dengan cepat merambat ke kapal lain.

Sebelumnya diberitakan, Puluhan kapal di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tegalsari atau Pelabuhan Jongor, Kota Tegal, Jawa Tengah, dipastikan hangus terbakar, Senin (14/8/2023) malam. Belum diketahui penyebab pasti kebakaran kapal yang sedang bersandar itu.

Seorang saksi mata, Abdul Fatah mengatakan awalnya melihat api dari salah satu kapal yang bersandar di dekat Stasiun Pengisian BBM Nelayan (SPBN) KUD Karya Mina.

"Saya melihat api sudah mulai membesar dari salah satu kapal yang bersandar," kata Abdul kepada wartawan, Senin malam.

Diungkapkan Abdul, tiupan angin yang cukup kencang membuat api cepat merambat ke kapal lainnya. Sehingga api sulit untuk dipadamkan.

Sejumlah armada pemadam kebakaran dari Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Brebes dikerahkan. Termasuk mobil water canon Polres Tegal Kota juga diterjunkan untuk memadamkan api.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/15/130518478/polairud-polda-jateng-52-kapal-terbakar-di-pelabuhan-jongor-tegal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke