Salin Artikel

Padang Kini Miliki Layanan Kedaruratan, Masyarakat Bisa Hubungi Call Center 112

PADANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat, meluncurkan layanan kedaruratan call center 112 untuk masyarakat. Pelayanan kedaruratan tersebut diberi nama Padang Command Center (PCC) 112.

Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan, layanan darurat 112 ini merupakan sebuah manifestasi nyata dari Pemkot Padang untuk meningkatkan efisiensi, koordinasi dan respons dalam menghadapi berbagai situasi darurat di tengah masyarakat.

"Ini adalah langkah konkrit Pemkot Padang dalam menghadirkan pelayanan publik yang lebih baik bagi masyarakat. Kita tahu Kota Padang merupakan daerah yang rawan bencana. Gempa besar pernah terjadi di sini, banjir, longsor kebakaran dan berbagai bencana lainnya juga kerap terjadi," ujar Wali Kota Padang Hendri Septa, Kamis (10/8/2023).

Layanan call center 112 ini akan terintegrasi dengan tujuh dinas yaitu Dinas Pemadam Kebakaran, BPBD, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas PUPR.

"Bagi masyarakat yang selama ini bingung mau melaporkan masalah kedaruratan bisa menghubungi call center 112 ini. Misalnya melihat orang tawuran, hubungi call center 112 ini. Kemudian laporan dari warga itu akan diteruskan ke Satpol PP, karena itu jalurnya. Begitupun untuk yang lainnya," katanya.

Namun ia pun mengingatkan masyarakat tidak membuat laporan palsu ke layananan darurat tersebut.

"Karena aksesnya mudah, jadi kami minta masyarakat agar tidak melakukan prank terhadap petugas. Kasihan mereka sudah capek-capek datang ke lokasi yang dilaporkan ternyata tidak ada," ungkap dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/10/145123078/padang-kini-miliki-layanan-kedaruratan-masyarakat-bisa-hubungi-call-center

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke