Salin Artikel

Gempa Magnitudo 5 Guncang Mukomuko Bengkulu, Tidak Berpotensi Tsunami

BENGKULU, KOMPAS.com - Gempa tektonik magnitudo 5,0 mengguncang Mukomuko, Bengkulu, Kamis (10/8/2023) pukul 06.25.55 WIB.

"Hari Kamis 10 Agustus 2023 pukul 06.25.55 WIB wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat diguncang gempa tektonik," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono, dalam rilisnya, Kamis.

"Gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," tambah dia.

Daryono menjelaskan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,08° LS ; 101,19° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 56 Km arah Tenggara Mukomuko, Bengkulu pada kedalaman 57 km.

Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, Daryono mengungkapkan, gempabumi yang terjadi berjenis dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," ungkap dia.

Gempabumi ini dirasakan di daerah Mukomuko dengan skala intensitas III MMI atau terasa nyata dalam rumah, getarannya seakan truk berlalu.

Ia mengimau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Masyarakat diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Kemudian periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum warga kembali ke dalam rumah.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/10/080434778/gempa-magnitudo-5-guncang-mukomuko-bengkulu-tidak-berpotensi-tsunami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke