Salin Artikel

Ekonomi Jatim Tumbuh 5,24 Persen, Khofifah: Paling Signifikan Sektor Transportasi dan Pergudangan

Sementara secara q-to-q ekonomi Jawa Timur pada periode tersebut juga tumbuh sebesar 2,66 persen.

Tumbuhnya perekonomian Jawa Timur pada periode tersebut disokong meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat yang mendorong tumbuhnya permintaan domestik, meningkatnya volume perdagangan, serta menggeliatnya aktifitas pada sektor jasa.

"Lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan paling signifikan adalah transportasi dan pergudangan yang tumbuh sebesar 13,90 persen," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/8/2023).

Faktor lain yang ikut mendorong tumbuhnya perekonomian Jatim, menurut Khofifah,  momentum libur hari besar keagamaan dan masa libur panjang sekolah dan aktifitas pemerintahan.

"Momentum libur panjang terbukti mengerek kenaikan aktifitas ekonomi masyarakat dan kenaikan aktifitas moda transportasi di Jawa Timur," terangnya.

Khofifah mengaku bangga karena angka pertumbuhan ekonomi Jawa Timur y-o-y sebesar 5,24 persen tersebut melebihi angka pertumbuhan ekonomi nasional yang tercatat hanya 5,17 persen.

Sementara angka pertumbuhan ekonomi Jawa Timur q-o-q sebesar 2,66 persen, tercatat tertinggi dari semua provinsi yang ada di Pulau Jawa.

Provinsi Jawa Barat sebesar 2,08 persen, Jawa Tengah 1,61 persen, DKI Jakarta 1,25 persen, Banten 1,11 persen, sementara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sebesar 0,90 persen.

Pada periode triwulan II 2023, ekonomi Jawa Timur juga berkontribusi signifikan pada pertumbuhan perekonomian nasional sebesar 14,45 persen, dan 25,23 persen terhadap perekonomian Pulau Jawa.

"Ini bagian dari semangat kami untuk terus bergerak menyejahterakan rakyat Jatim, mengurangi angka kemiskinan dan mengawal penyerapan tenaga kerja yang optimal," ucap Khofifah.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/10/053651478/ekonomi-jatim-tumbuh-524-persen-khofifah-paling-signifikan-sektor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke