Salin Artikel

Bupati Natuna Pasang 2.000 Bendera Merah Putih di Pulau Terluar

BATAM, KOMPAS.com – Pemerintahan Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), akan mengibarkan 2.000 bendera di Pulau Terluar, Pulau Natuna, Kepri.

Hal ini dilakukan sesuai pencanangan pengibaran 10 juta bendera oleh pemerintah pusat melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) guna memeriahkan HUT Ke-78 RI tahun 2023. 

“Insya Allah akan ada 2.000 bendera yang kami sebar dan kami kibarkan di pulau terluar ini,” kata Bupati Natuna, Wan Siswandi melalui pesan WhatasApp, Rabu (9/8/2023).

Wan Siswansi mengatakan, pengibaran 2.000 bendera ini akan dihadiri Mendagri, Tito Karnavian. 

“Di Pulau Natuna, pengibaran bendera dipusatkan di Kecamatan Bunguran Timur, yang merupakan pulau terbesar yang ada di Kabupatan Natuna,” ungkap Wan Siswandi.

Bendera tersebut akan disebar Kesbangpol Kabupaten Natuna melalui camat setempat. Bendera tersebut akan dibagikan kepada masyarakat yang tidak memiliki bendera untuk dipasang di depan rumah mereka. 

Bantuan bendera ini berasal dari seluruh instansi pemerintah dan lembaga vertikal termasuk TNI-Polri.

Apel yang nantinya akan dipimpin Mendagri Tito Karnavian ini salah satu bentuk syukur atas jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Ini adalah bentuk syukur dan rasa terima kasih kita untuk bangsa dan para pahlawan atau pejuang bangsa yang telah memerdekakan bangsa ini,” ungkap Wan Siswandi.

Untuk diketahui, upacara bendera dalam rangka HUT Ke-78 RI di Kepri, akan dipusatkan di Kabupaten Natuna dan dihadiri seluruh kepala daerah se-Kepri.

100 bendera dari Ditpolairud Polda Kepri

Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Riau (Kepri) juga memberikan 100 bendera merah putih kepada masyarakat pesisir yang ada di sejumlah pulau terluar, terdepan, dan terpencil.

“Pemberian ini kami lakukan untuk masyarakat pesisir di pulau terdepan yang memang tidak mengibarkan bendera Merah Putih menyabut perayaan HUT Kemerdekaan ke-78 RI,” kata Kasubdit Patroliairud Polda Kepri Kompol Satria Hutagaol kepada Kompas.com di Mako Ditpolairud Polda Kepri, Rabu.

Satria mengatakan, dari pemberian 100 bendera merah putih di sejumlah kediaman warga pesisir, rata-rata warga yang tidak memasang mengaku tidak memiliki bendera.

“Mereka sulit untuk membeli bendera, karena memang tidak sempat untuk membeli, karena keseharian mereka melaut,” ujar Satria.

Satria juga menyebut kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat rasa cinta Tanah Air dan semangat nasionalisme di kalangan masyarakat pesisir pantai.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat mendorong partisipasi aktif masyarakat yang ada di pesisir pulau terluar dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, yang merupakan fondasi utama dalam pembangunan nasional.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan pemberian bantuan bendera merah putih ini diadakan di tiga lokasi berbeda pulau terluar, yaitu Pulau Saraya, Pulau Belakang Padang, dan Pulau Mat Belanda.

Masing-masing pulau menerima alokasi 25, 50, dan 25 bendera merah putih.

Total keseluruhan 100 bendera disalurkan kepada masyarakat pesisir pantai.

“Kegiatan ini adalah bentuk dukungan kami terhadap semangat kemerdekaan dan kebersamaan kita sebagai bangsa. Kami berharap bendera-bendera ini tidak hanya berkibar di pesisir pantai pulau terluar, terdepan dan terpencil, tetapi juga dihati setiap warga negara Indonesia,” terang Satria.

Dalam pemberian 100 bendera ini melibatkan 10 personel yang terlatih dalam patroli perairan dan keamanan pesisir.

Hal ini juga sekaligus sebagai bentuk edukasi terkait pentingnya menjaga keamanan dan kebersihan perairan di sekitar pulau-pulau tersebut.

“Kegiatan bakti sosial ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat. Mereka merasa terhormat dan bersyukur atas perhatian dari kepolisian dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI,” ungkap Satria.

“Ke depan Ditpolairud Polda Kepri juga berencana untuk terus mengadakan kegiatan positif semacam ini. Sebab kegiatan ini sebagai bagian dari upaya nyata dalam membangun rasa nasionalisme dan semangat cinta tanah air di tengah masyarakat,” ujar Satria.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/09/102433278/bupati-natuna-pasang-2000-bendera-merah-putih-di-pulau-terluar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke