Salin Artikel

Beredar Video Satpol PP Semarang Lempar Nampan ke Pedagang Saat Razia, Pemkota Beri Penjelasan

Infomasi yang diterima Kompas.com, peristiwa tersebut terjadi satu minggu lalu di Jalan Pahlawan Semarang.

Dalam video yang beredar, puluhan petugas terlihat mendorong gerobak. Saat itu ada satu warga yang diduga sebagai pedagang mencoba menghalangi petugas melakukan razia.

Akhirnya, petugas Satpol PP Kota Semarang dan warga tersebut tarik menarik hingga akhirnya terjadi peristiwa pelemparan nampan tersebut.

Sekretaris Satpol PP Kota Semarang, Stevanus Marthen Da Costa membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya peristiwa itu terjadi saat anggotanya melakukan razia di Jalan Pahlawan.

"Itu spontan, kita tak ada niat melukai," jelasnya saat dikonfirmasi via telepon, Senin (7/8/2023).

Dia mengatakan pedagang dilarang berjualan di Jalan Pahlawan. Namun, ada beberapa pedagang yang nakal dan tetap berjualan di lokasi tersebut.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Semarang, Jalan Pahlawan hanya diperbolehkan sebagai lokasi berjualan ketika acara hari bebas berkendara atau car free day saat Minggu pagi.

"Jadi kalau malam tidak boleh," paparnya.

Selepas kejadian tersebut, dia juga meminta agar anggota yang saat itu sedang melakukan operasi di Jalan Pahlawan agar mundur karena ada risiko gesekan.

"Langsung anggota kita tarik. Sebenarnya kita tak mau adu fisik dengan pedagang," ungkap Martin.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/07/195824578/beredar-video-satpol-pp-semarang-lempar-nampan-ke-pedagang-saat-razia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke