Salin Artikel

Kapal Wisata Angkut 33 Wisatawan Asing Kandas di Perairan Pulau Kelor Labuan Bajo

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Kapal Wisata KM Duta kandas di perairan Pulau Kelor, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, pada Sabtu (5/7/2023).

Kapal tersebut mengangkut puluhan wisatawan asing dan nusantara.

Kepala Kantor Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan mengungkapkan, KM Duta Samota berlayar dari NTB menuju Labuan Bajo pada pukul 1.00 Wita dini hari.

"Sekitar pukul 13.30 Wita saat tiba di sekitar Pulau Kelor Labuan Bajo kapal menabrak karang dan kandas,” ungkap Ridwan saat dihubungi Sabtu (5/8/2023) sore.

Pasca mendapatkan informasi, pihaknya langsung memberangkatkan tim SAR gabungan dengan mengerahkan RIB Basarnas Maumere, Searider Lanal Labuan Bajo, dan Speed Polair Labuan Bajo untuk mengevakuasi seluruh wisatawan.

Pukul 14.35 Wita tim tiba dan langsung melaksanakan proses evakuasi hingga pukul 15.25 Wita.

"Syukur seluruh penumpang yang berjumlah 37 orang selamat. Setelah penumpang sampai di Pelabuhan ASDP Labuan Bajo, mereka kembali ke penginapan masing-masing.

Ia menambahkan, kapal itu mengangkut 33 orang wisatawan yang berasal dari Perancis, Filipina, Jerman, Inggris, Polandia, Irlandia, Belanda, Austria, dan Swiss, serta WNI sebanyak 4 orang.

Adapun anak buah kapal berjumlah 6 orang, 4 di antaranya dievakuasi ke Labuan Lajo dan 2 orang bertahan di kapal KM Duta Samota.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/05/200708578/kapal-wisata-angkut-33-wisatawan-asing-kandas-di-perairan-pulau-kelor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke