Salin Artikel

4 Desa di Sukoharjo Dilanda Kekeringan Selama Sebulan Terakhir

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo, kekeringan mulai melanda sejumlah desa yakni Desa Kamal, Kecamatan Bulu; Desa Jatingarang, Desa Alasombo, Kecamatan Weru dan Desa Watubonang Kecamatan Tawangsari.

Kepala BPBD Sukoharjo, Ariyanto mengatakan, kekeringan mulai dirasakan daerah tersebut dalam sebulan terakhir. Guna mencukupi kebutuhan air bersih, pihaknya telah mengirimkan atau dropping air bersih ke daerah tersebut.

"Kami sudah menge-drop air bersih bekerja sama dengan Baznas juga dengan relawan," kata Ariyanto Mulyatmojo dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (3/8/2023).

Sampai saat ini, katanya sudah melakukan dropping air bersih sebanyak 15 kali dengan total 60.000 liter ke daerah kekeringan.

Adapun kapasitas truk tangki air bersih yang dikirim ke daerah-daerah yang mengalami dampak kekeringan sebesar 4.000 liter.

Meski sudah diantisipasi dengan keberadaan sumur dan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas), tetap belum mampu memenuhi kebutuhan warga.

"Iya, sudah potensi kekeringan di sana. Sebenarnya di saja sudah ada sumur dan pamsimas hanya kapasitasnya masih kurang memenuhi kebutuhan," ungkap dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/03/180659078/4-desa-di-sukoharjo-dilanda-kekeringan-selama-sebulan-terakhir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke