Salin Artikel

Gedung SMP di Bima Terbakar, Satu Petugas Damkar Kritis akibat Tersetrum

BIMA, KOMPAS.com - Gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Sape di Desa Buncu, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), terbakar pada Rabu (2/8/2023) sekitar pukul 5.00 Wita.

Akibatnya, gedung perpustakaan dan ruang laboratorium ludes terbakar berikut isi ruangannya.

Kepala Pelaksanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, Isyrah membenarkan adanya kebakaran yang menghanguskan dua lokal bangunan sekolah tersebut.

"Bangunan sekolah yang terbakar itu satu ruang perpustakaan dan satu ruangan laboratorium," kata Isyrah saat dikonfirmasi, Rabu.

Isyrah mengungkapkan, selain menghanguskan dua lokal bangunan sekolah, kebakaran itu juga membuat salah seorang petugas pemadam kebakaran (Damkar) bernama Israfil kritis.

Dia kesetrum listrik saat berjibaku memadamkan kobaran api yang menjalar ke atap dan isi ruang bangunan sekolah.

"Korban berhasil diselamatkan oleh petugas damkar yang lain, dang langsung dilarikan ke Puskesmas Sape untuk menjalani perawatan," ujarnya.

Isyrah mengaku belum mengetahui pasti penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Namun, berdasarkan informasi awal yang diperoleh di lapangan, kobaran api pertama kali dilihat oleh salah seorang warga yang tengah lewat di depan SMP Negeri 3 Sape.

Warga itu lalu berlari menuju mushala di wilayah setempat untuk menginformasikan kepada warga sekitar melalui pengeras suara.

Warga kemudian berdatangan lalu memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya, dan tak lama dibantu petugas Damkar Bima serta mobil tangki milik pemerintah kecamatan.

"Pukul 5.30 Wita api berhasil dipadamkan dan langsung dilanjutkan kegiatan pendinginan," jelasnya.

Menurutnya, kebakaran itu ditaksir menelan kerugian lebih kurang Rp 315 juta. Sebab, selain dua lokal bangunan sekolah, lima unit meja, enam rak buku, lima lembar karpet, 25 kursi besi dan satu meja pingpong ludes terbakar.

"Untuk proses penyelidikan jajaran Polsek Sape sedang melakukan olah TKP di lokasi kebakaran," kata Isyrah.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/02/120805178/gedung-smp-di-bima-terbakar-satu-petugas-damkar-kritis-akibat-tersetrum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke