Salin Artikel

Antisipasi Lonjakan Kebutuhan BBM di Labuan Bajo, Pertamina Bangun Terminal

Pembangunan terminal ini untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan energi di wilayah Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super prioritas.  

Area Manager Communication, Relation and CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Ahad Rehali, mengatakan, TBBM itu dibangun di Wae Kelambu, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

"Pembangunan TBBM tersebut untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan energi di destinasi pariwisata super prioritas tersebut di masa mendatang," kata Rehali, kepada sejumlah wartawan di Labuan Bajo, Sabtu (29/7/2023).

Menurut Rehali, selama ini kebutuhan BBM termasuk avtur di Labuan Bajo disuplai dari Depo Pertamina di Reo, Kabupaten Manggarai yang berjarak 209 kilometer.

Dia mengatakan, setiap hari, truk tangki pertamina menempuh perjalanan antara 8-10 jam untuk mengangkut BBM dari Reo ke Labuan Bajo.

Bahkan kata dia, pernah mendatangkan BBM dari Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), akibat bencana alam yang mengakibatkan ruas jalan yang menghubungkan Reo dan Labuan Bajo tertutup longsor.

"Pola suplainya nanti akan dibuat lebih dekat. Kita punya mini terminal BBM di Wae Kelambu on progress," kata dia.

Pembangunan TBBM tersebut lanjutnnya, dilakukan bersama PT Pelindo III sebagai bagian dari sinergi BUMN.

"Tentunya ini merupakan antisipasi yang dilakukan Pertamina juga terkait dengan lonjakan wisatawan yang berkunjung Labuan Bajo," kata dia.

"Sesuai dengan perencanaan, ke depannya peningkatan kunjungan wisatawan ke destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo, kan kebutuhan energi bertambah. Tidak cuma avtur, tetapi juga BBM untuk memasak," sambungnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/29/172301778/antisipasi-lonjakan-kebutuhan-bbm-di-labuan-bajo-pertamina-bangun-terminal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke