Salin Artikel

Protes Ada Praktik Pungli, Warga Desa Selaut Natuna Segel Kantor Desa

NATUNA, KOMPAS.com – Protes ada praktik pungutan liar (pungli), puluhan warga Desa Selaut, Kecamatan Bunguran Barat, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), menggerebek dan sempat menyegel Kantor Desa Selaut, Kamis (27/7/2023).

Warga menyebut ada seorang oknum staf di kantor desa kerap meminta imbalan dan sering menunda administrasi yang diajukan warga.

“Kami minta oknum staf tersebut dikeluarkan dari Kantor Desa Selaut, karena apa yang dilakukan oknum tidak mencerminkan seorang pelayan publik,” kata Amran, warga Desa Selaut melalui telepon, Jumat (28/7/2023).

Atas kejadian itu, polisi segera melakukan mediasi dan kantor desa kembali dibuka untuk pelayanan masyarakat.

“Alhamdulillah semua sudah kembali normal, usai dilakukan pertemuan antara warga dengan rombongan Forkopimcam,” ungkap Sementara itu, Kapolsek Bunguran Barat, Iptu Stepvanus Arperd Rikumahu, saat dikonfirmasi Kompas.com. 


 

Setelah itu, masyarakat akhirnya menyampaikan keluhan-keluhan mereka terhadap kinerja oknum perangkat desa dalam mediasi yang dihadiri Polsek Bunguran Barat dan unsur Forkopimcam, tokoh masyarakat serta tokoh agama. 

“Masyarakat meminta agar oknum tersebut diberhentikan dari jabatannya dan dipindah tugaskan dari Desa Selaut,” terang Arperd.

Mediasi tersebut akhirnya berhasil mencapai kesepakatan. Kepala Desa Selaut juga menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut dan memohon dukungan dari seluruh masyarakat agar tidak ada lagi rasa sakit hati di kalangan warga.

“Pertama, oknum yang menjadi sumber ketidaknyamanan bagi masyarakat sepakat untuk diberhentikan dari jabatannya. Bahkan Kepala Desa Selaut langsung mengeluarkan dan menandatangani surat keterangan pemberhentian terhadap oknum tersebut,” terang Arperd.

“Semoga kejadian serupa tidak terulang dimasa depan dan masyarakat dapat hidup dalam keharmonisan dan ketenteraman,” pungkas Arperd.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/28/162146778/protes-ada-praktik-pungli-warga-desa-selaut-natuna-segel-kantor-desa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke