Salin Artikel

Pasukan Katak TNI AL Diterjunkan Cek Lokasi Temuan Ribuan Amunisi Diduga dari Kapal PD II di Perairan Cilacap

Penyelaman ini untuk memastikan keberadaan amunisi lain yang diduga berasal dari bangkai kapal perang era perang dunia (PD) II yang karam di dasar laut.

Pantauan Kompas.com, tim penyelam menyeberang dari dermaga pandu menggunakan perahu karet menuju lokasi sekitar pukul 09.00 WIB.

Berdasarkan identifikasi awal, lokasi kapal tersebut berada di perairan antara Pulau Jawa dan Nusakambangan

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Cilacap, Kolonel Bambang Beno mengatakan, penyelaman rencananya akan dilakukan selama dua hari, Kamis-Jumat (20-21/7/2023).

"Penyelaman akan dilakukan harinindan besok, diharapkan bisa memastikan apa yang ada di dasar alur dermaga PT SBI," kata Bambang di lokasi, Kamis pagi.

Komandan tim penyelaman Letkol Laut Yudo Ponco mengatakan, menerjunkan lima penyelam. Mereka jug dibantu masing-masing satu personel historical diver dan technical diver.

"Tugas kami datang, turun ke bawah air untuk mengidentifikasi, baik secara visual maupun fisik. Setelah itu semuanya kami bawa ke atas sebenarnya apa yang ada di bawah," jelas Ponco.

Diberitakan sebelumnya, nelayan menemukan ribuan amunisi di alur perairan dermaga PT SBI, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (15/7/2023) malam.

"Dari hasil penyelaman nelayan tradisional ditemukan ribuan amunisi peluru tajam kaliber 12,7 mm dan kaliber 7,62 mm," kata Bambang kepada wartawan, Senin (17/7/2023).

https://regional.kompas.com/read/2023/07/20/095755478/pasukan-katak-tni-al-diterjunkan-cek-lokasi-temuan-ribuan-amunisi-diduga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke