Salin Artikel

Bikin Ganjar Kesengsem, "Jersey" Tour de Borobudur Punya Makna Khusus

Desainer jersey Tour de Borobudur XXIII 2023, Edo mengatakan konsep desainnya mengangkat budaya Indonesia. Selain itu, karena gelaran untuk para pesepeda tersebut dilaksanakan pada 5-6 Agustus 2023, maka juga bergambar pahlawan proklamasi Soekarno-Hatta, juga Raden Ajeng Kartini sebagai pejuang kesetaraan.

"Selain itu ada juga topeng-topeng dari seluruh Nusantara. Mulai dari topeng reog Ponorogo, sigale-gale dari Sumatera, topeng Papua, barong Bali, ondel-ondel Betawi. Ada juga topeng dari Kalimantan, Halmahera, dan Sulawesi," kata Edo di Desa Wisata Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Jumat (14/7/2023).

Edo menegaskan bahwa dirinya ingin semakin mengenalkan topeng-topeng yang menjadi bagian dari kekayaan kebudayaan Indonesia.

"Kami juga membuat diorama dari clay, nuansanya masih sama. Tapi ini nanti menjadi piala untuk pemenang Tour de Borobudur," kata Edo.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menilai jersey Tour de Borobudur sangat menarik.

"Ini keren lho, cerah dan sarat pesan. Ini juga mengajak kita menghormati pahlawan. Jadi tidak hanya sekadar cerita, tapi semangatnya juga bisa menular ke yang pakai jersey," paparnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/14/235853778/bikin-ganjar-kesengsem-jersey-tour-de-borobudur-punya-makna-khusus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke