Salin Artikel

Jelang Tahun Ajaran Baru, Ribuan Setel Seragam Sekolah di Pertokoan Semarang Ludes Terjual

Pantauan Kompas.com di lokasi, Toko HA Kadir mampu menjual 100-150 pasang seragam dalam sehari. Tingginya angka penjualan itu berlangsung selama libur sekolah.

"Lakunya alhamdulillah lumayan, bisa sampai 100-150 setel per hari mulai dari awal Juni. Kondisinya jauh sekali dengan saat pandemi covid-19. Tahun 2022 kemarin penjualan naik, sekarang kurang lebih sama," tutur Haris saat ditemui di tokonya, Jumat (14/7/202).

Harga seragam dibanderol sekitar Rp 170.000 - Rp 200.000 per pasang tergangung ukuran. Dia mengatakan ta ada kenaikan harga seragam sejak tahun lalu.

"Sabtu Minggu besok pasti lebih ramai karena Senin sudah masuk tahun ajaran baru," imbuhnya.

Haris mengaku senang dengan antusiame pembeli. Menurutnya yang paling banyak dicari ialah seragam SD. Kemudian seragam SMP dan SMA. Anak-anak sekolah pun tidak hanya mencari seragam OSIS, tapi juga seragam pramuka.

"Selama liburan kalau kita hitung dari bulan Juni ya sudah ribuan yang terjual. Sehari 100 setel, sekarang sudah 1.000 lebih. Kita sampai kewalahan di stok. Kita produksi terus," tuturnya. 

Tak jauh berbeda, Toko Seragam M Syahir juga dibajiri pembeli. Bahkan enam karyawannya tampak kewalahan meladeni para pencari seragam.

Pemilik Toko, Fatimah menyebut sejak awal Juni pembelian seragam sudah mulai meningkat tajam. Puncaknya malam nanti sampai sebelum masuk sekolah tanggal 17 Juli mendatang.

Perempuan paruh baya itu terlihat mondar mandir membantu karyawannya meladeni para pembeli. Sebagian konsumen yang tidak menemukan seragam dengan ukuran yang dicari akhirnya memilih untuk memesan atau pre-order.

"Mungkin setiap harinya ada 50 orang beli beberapa setel. Jadi selama liburan laku 1.500 an pasang ada. Kita juga inden, mereka mau pesan kalau ukurannya yang dicari enggak ada. Pesan, nanti diambil," terangnya.

Salah seorang pembeli, Anis nuryanti, mendampingi anaknya berbelanja perlengkapan masuk sekolah SMK Negeri 10 Semarang. Ia akhirnya mendapat sepatu pantofel berukuran besar untuk anaknya.

"Ini sepatu ukurannya 43 saya nyarinya sulit. Kalau enggak cepet-cepet nanti enggak kebagian sepatunya. Untung dapat di sini. Ini bajunya baru dapat seragam atasan untuk hari senin ukuran L4. Roknya belum sama seragam khaki sama pramuka juga belum dapat," tutur Anis yang masih berseragam guru itu.

Ia mengaku baru sempat mencarikan seragam untuk anaknya. Pasalnya kemarin toko terlalu ramai dan sesak karena ibu-ibu yang lain juga berburu seragam.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/14/231619578/jelang-tahun-ajaran-baru-ribuan-setel-seragam-sekolah-di-pertokoan-semarang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke