Salin Artikel

Bersekolah di MTs Pakis Banyumas Gratis, Begini Cara Pengelola "Survive"

Untuk menutup biaya operasional, relawan yang menjadi pengelola sekolah beserta para siswa dan warga setempat merintis beberapa unit usaha.

Koordinator MTs Pakis, Isrodin mengatakan, selama ini tidak ada bantuan untuk biaya operasional dari sekolah.

"Terkait dengan bantuan biaya operasional dari pemerintah tidak ada, karena ditopang secara swadaya oleh para relawan," kata Isrodin melalui sambungan telepon, Kamis (13/7/2023).

Untuk itu, para peserta didik juga dibekali ketrampilan agar dapat membuat usaha yang bersifat produktif.

"Kami memberlakukan belajar produktif, hampir tiga tahun ini kami memproduksi olahan kopi robusta yang banyak tumbuh di sekitar hutan," ujar Isrodin yang merintis MTs Pakis sejak 2013 ini.

Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan menjalin kerja sama dengan Perhutani untuk menggarap lahan menjadi kebun kopi.

"Ada wilayah hutan yang akan dijadikan demplot tanaman kopi ebagai upaya pengembangan ekonomi berbasis agroforestry (wanatani)," kata Isrodin.

Tak hanya itu, sekolah ini juga mengembangkan paket wisata edukasi dengan memanfaatkan Telaga Kumpe di dekat sekolah sebagai salah satu destinasinya.

"Kami ada paket wisata edukasi, disinergikan dengan Telaga Kumpe, yaitu tempat wisata di bawah Perhutani," jelas Isrodin.

Ke depan, sekolah juga akan memproduksi gula aren.

"Kami akan memproduksi gula aren bersama warga. Kami sudah menanam cukup banyak, tahun ini sudah mulai bisa disadap untuk dijadikan gula aren," ujar Isrodin.

Untuk menopang kegiatan produktif ini, sekolah juga mendatangkan relawan yang ahli di bidangnya masing-masing untuk memberikan pendampingan.

Saat ini total ada sekitar 50-an siswa yang bersekolah di situ. Mereka terdiri atas siswa MTs dan program Paket C.

Sekolah ini banyak dibantu para relawan yang kebanyakan merupakan mahasiswa dari perguruan tinggi di Purwokerto untuk mengajar.

Untuk diketahui, MTs Pakis ini dikelola secara swadaya oleh para relawan. Adapun untuk kurikulumnya menginduk pada MTs Maarif NU 2 Cilongok yang berada di Desa Panembangan.

Di sekolah ini para siswa tidak hanya belajar mata pelajaran yang ada di kurikulum.

"Siswa belajar pertanian, peternakan, memotret keankaragaman hayati. Jadi selain pendidikan umum, siswa juga belajar soal kehidupan," ujar Isrodin.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/13/130524578/bersekolah-di-mts-pakis-banyumas-gratis-begini-cara-pengelola-survive

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke