Salin Artikel

Dua Tahun Berlalu, Uang Ratusan Nasabah BMT Taruna Sejahtera Senilai Rp 90 Miliar Belum Juga Kembali

Namun usaha nasabah tersebut tak membuahkan hasil karena kantor BMT Taruna Nusantara tutup dan tak ada karyawan. Dari informasi yang dihimpun, kantor cabang BMT tersebut telah tutup sejak lama.

Pendamping nasabah, Mangsuri mengatakan, tuntutan yang dikemukakan hanya satu, yakni pengembalian uang.

"Selama ini, sudah beberapa tahun nasabah menanyakan dananya, tapi selalu hanya diberi janji," ujarnya.

Sesuai hasil keputusan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) bahwa bulan Juli 2023 mulai pembayaran pengembalian uang.

"Namun sampai saat ini pihak BMT Taruna Sejahtera belum ada komunikasi dengan nasabah," kata Mangsuri.

“Hari ini kita mencoba untuk menagih atau meminta uang kita di kantor BMT Taruna Sejahtera tetapi kantornya tutup tidak ada aktivitas. Pengurusnya pun tidak ada komunikasi sama sekali,” kata Mangsuri.

Mangsuri mengungkapkan uang tabungan nasabah BMT Taruna Sejahtera yang belum dikembalikan mencapai Rp 90 miliar.

“Hari ini serupiah pun belum ada yang dikembalikan. Kalau tidak dikembalikan kami minta untuk diproses hukum,” ungkapnya.

Beberapa nasabah terlihat histeris dan menangis karena tidak kepastian mengenai uang yang ditabungnya. Salah satunya, Sumintarsih yang telah menabung selama 7 tahun dengan total uang Rp 77 juta.

"Saya menabung di sini karena marketingnya saudara sendiri. Jadi saya percaya. Uang itu hasil jualan singkong, setiap hari saya sisihkan untuk pegangan hari tua, ternyata malah seperti ini jadinya," ucapnya.

Dia meminta pihak BMT Taruna Sejahtera bertanggungjawab dan memberi kepastian.

"Saya sangat butuh uang itu untuk keperluan sehari-hari. Ini sudah sangat mendesak karena sudah tak punya uang lagi," ungkapnya.

Dia mengaku sudah menanti selama dua tahun untuk bisa mendapatkan uangnya.

"Janjinya memang tanggal 9 Juli ini, namun kantornya malah tutupan dan tidak ada orang yang bekerja," kata Sumintarsih.

Pada tahun 2021 lalu, sejumlah nasabah juga menagih uangnya kepada BMT Taruna Sejahtera. Namun saat itu pihak BMT Taruna Sejahtera belum dapat mengembalikan uang nasabah lantaran kesulitan keuangan akibat pandemi Covid-19. 

Pihak BMT juga mengusulkan proposal perdamaian yang ditandatangani Yayuk Ambarsari selaku Ketua KSP Syariah BMT Taruna Sejahtera dan Sekretaris Ochtarina Rubi Rahayuni pada 21 Juni 2021. Di dalam proposal tersebut BMT Taruna Sejahtera meminta diberi kesempatan untuk menjual aset berupa tanah. 

Tanah tersebut terletak di Kecamatan Tembalang, Kota Semarang luas 570m2 berdasarkan surat ukur No. 59/Mangunharjo TBLG/2004, terletak di Jalan Elang Raya Desa Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. 

Selain itu juga tanah luas 10.190m2, yang juga terletak di Jalan Elang Raya Desa Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. 

https://regional.kompas.com/read/2023/07/10/230417778/dua-tahun-berlalu-uang-ratusan-nasabah-bmt-taruna-sejahtera-senilai-rp-90

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke