Salin Artikel

Viral, Siswa SMAN 3 Semarang Diterima di 21 Kampus Luar Negeri

Keberhasilan Maulana juga di-posting akun Instagram SMA N 03 Kota Semarang @sman3semarang. Sampai saat ini, postingan tersebut telah mendapatkan 403 komentar dari warganet.

Wakil Kepala Bidang Komunikasi dan Kerjasama SMAN 03 Semarang, Arief Setyayoga mengatakan, Maulana merupakan lulusan SMAN 3 Kota Semarang pada Mei 2023 yang lalu.

"Dia diterima empat universitas di Kanada, Inggris dan Australia, serta tujuh universitas di Amerika Serikat. Lainnya dia juga ditermia di Singapura, Bulgaria, dan Belanda," jelasnya saat ditemui di kantornya, Rabu (5/7/2023).

Dia menjelaskan, Maulana merupakan sosok yang aktif ketika mengikuti pendidikan di SMAN 03 Kota Semarang. Maulana memiliki ketertarikan di bidang penelitian atau riset untuk dijadikan karya ilmiah.

"Dia (Maulana) memang aktif ketika mengikuti pelajaran," kata dia.

Di mata para guru, Maulana merupakan sosok yang pintar dan sering mengikuti kegiatan lomba karya ilmiah baik di dalam maupun luar negeri. Beberapa penghargaan juga pernah diraihnya.

"Maulana pernah mendapatkan medali emas lomba karya ilmiah pada Olimpiade Sains Nasional Bidang Geografi," imbuhnya.

Lebih lanjut, prestasi dari karya ilmiah tersebut kemudian diajukan ke Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), sehingga Maulana dapat masuk sebagai salah satu penerima beasiswa Indonesia Maju.

"Prestasi Maulana kami ajukan ke Puspresnas, lalu dia mendapatkan beasiswa indonesia Maju yang di Bali," ungkapnya.

Dia mengatakan dari 21 universitas, Maulana telah memilih dan memantapkan diri untuk mengambil kuliah di UC Berkeley, Amerika Serikat jurusan Civil Engineering.

"Meski sukanya di bidang geografi, tetapi Maulana milih kuliah di Jurusan Teknik Universitas Berkeley," katanya.

Arief mengaku bangga dengan pencapaian Maulana tersebut. Dia berharap Maulana bisa mengikuti jejak Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi yang juga lulusan SMN 03 Kota Semarang.

"Tentunya kita sangat bangga dengan pencapaian itu," imbuh Arief.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/05/173358678/viral-siswa-sman-3-semarang-diterima-di-21-kampus-luar-negeri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke