Salin Artikel

Tak Lagi Jadi Pemilih di Solo, Kaesang Terdaftar di DPT Jakarta Selatan

Kaesang diketahui sudah pindah domisili ke Jakarta Selatan. Suami Erina Gudono saat ini terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 40 Karet Kuningan, Setiabudi, Kota Jakarta Selatan.

"Ini DPT TPS 34 Manahan yang di tempel di kelurahan, RT, RW, nama Mas Kaesang sudah tidak tercantum. Sudah (pindah) di Jakarta Selatan," kata Koordinator Divisi Bidang Perencanaan Data dan Informasi KPU Solo, Kajad Pamuji Joko Waskito, kepada Kompas.com di Solo, Rabu (5/7/2023).

Sebelumnya, nama Kaesang memang sempat muncul dalam DPS TPS 34 Kelurahan Manahan. Menurut Kajad saat pencocokan dan penelitian (coklit) masih ikut KK kakak kandungnya yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Sehingga dalam daftar pemilih sementara Kaesang masih tercatat di TPS 34 Kelurahan Manahan.

"Kemudian pada perjalanannya kita mengumumkan DPS masih di Kelurahan Manahan. Terus pindah sesuai yang diutarakan Dispendukcapil Solo bahwa Mas Kaesang pindah ke Jakarta Selatan. Otomatis Mas Kaesang mendaftarkan diri sebagai pemilih baru di Jakarta Selatan," jelas Kajad.

Sementara di sidalih KPU, kata dia, ada analisis kegandaan seluruh nasional pada 26 Mei 2023. Nama Kaesang dicoret dari DPT Solo kemudian pindah domisili ke Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Administrasi Kependudukan dan Pecatatan Sipil (Dispendukcapil) Solo, Yohanes Pramono mengatakan, Kaesang sudah mengajukan pindah kartu keluarga dari Solo ke Jaksel.

"Sudah (pindah KK) sekitar bulan April 2023. Pindah dari Solo ke Jakarta Selatan," kata Pramono.

Dengan demikian, Kaesang sudah tidak tercatat sebagai warga Solo.

"Artinya secara administratif sudah bukan sebagai penduduk Solo," ungkap dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/05/145802578/tak-lagi-jadi-pemilih-di-solo-kaesang-terdaftar-di-dpt-jakarta-selatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke