Salin Artikel

Gempa Bantul M 6 Juga Sempat Terasa di Salatiga, Getarannya Sekitar 15 Detik

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Salatiga, Roy Anjar mengatakan saat gempa berlangsung sempat terjadi kepanikan. "Gempa dirasakan dengan getaran cukup kuat kurang lebih 15 detik," ujarnya saat ditelepon.

Akibat gempa tersebut, masyarakat di wilayah Kecamatan Argomulyo, khusunya di Kelurahan Noborejo dan Randuacir sampai lari ke luar rumah. "Mereka bermaksud menyelamatkan diri karena getaran yang kuat tersebut," kata Roy.

Selain itu gempa juga dirasakan masyarakat yang sedang berada di Terminal Tingkir. "Mereka yang berada di lantai dua, karena panik lalu turun ke lantai satu. Efek gempa memang sangat terasa," paparnya.

"Pusat kesehatan seperti RSUD, RSPAW, dan pabrik SCI serta Terminal Tingkir secara umum kondisi aman terkendali. Sementara untuk wilayah Kecamatan Tingkir, Sidorejo, dan Sidomukti kondisi aman dan tidak ada kerusakan," ungkap Roy.

Dia mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dengan bencana alam. "Jika ada gempa, langsung selamatkan diri. Keluar ruangan dan cari tanah yang lapang untuk menghindari reruntuhan," paparnya.

Seorang warga, Setiadi mengungkapkan gempa yang terjadi sangat terasa getarannya. "Saya juga sempat takut karena ada yang teriak-teriak, namun tidak berlangsung lama, tapi kaca-kaca itu bergetar," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/01/073031778/gempa-bantul-m-6-juga-sempat-terasa-di-salatiga-getarannya-sekitar-15-detik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke