Salin Artikel

Polisi Siapkan Mekanisme Pengawalan Keberangkatan Bonek Saat Nonton Persis Solo Vs Persebaya Surabaya di Stadion Manahan

SOLO, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Solo bakal menindaklanjuti wacana suporter Persebaya Surabaya yaitu Bonek menghadiri pertandingan dengan Persis Solo, di Stadion Manahan, Jawa Tengah (Jateng).

Rencananya pertandingan bakal digelar pada Sabtu (24/6/2023) malam dan mendapatkan izin penggunaan stadion dari Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, melalui Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu, dikeluarkan izin mendatangkan suporter lawan ikut masuk dan menonton langsung dari Tribun Stadion Manahan. Asalkan, suporter Persebaya Surabaya diakomodasi menggunakan bus secara bersama-sama dari Surabaya.

"Nanti akan ada pembicaraan secara detail untuk teknis pemberangkatan suporter. Kita tidak ingin laga friendly match ini menjadi laga kehilangan makna (persahabatan)," kata Kapolresta Solo, di Stadion Sriwedari, pada Rabu (21/6/2023).

Iwan menjelaskan, pihaknya akan melakukan pengamanan pertandingan di Kawasan Stadion Manahan, Solo sesuai aturan Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Kewenangan Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

"Seperti yang disampaikan Mas Wali. Bahwa pemberangkatan suporter dari Surabaya itu secara kolektif artinya dengan menggunakan bus yang sudah disiapkan. Sehingga tidak ada suporter yang berangkat sendiri-sendiri," ujarnya.

Disingung soal aturan PSIS dan PT LIB soal masa transisi pasca-Tragedi Kanjuruhan yang mengatur suporter tamu dilarang menonton di Stadion Manahan, Iwan mengatakan konteks pertandingan ini, hanyalah pertandingan pertandingan belum laga resmi Liga 1 musim 2023/2024.

"Dalam konteks yang berbeda ya artinya ini bukan kompetisi, ini friendly match. Hanya sebagai tuan rumah mengizinkan tim tamunya membawa suporter. Mungkin dengan jumlah tertentu dengan klausul tertentu," ujarnya.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berencana laga pra-musim Persis Solo vs Persebaya Surabaya di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, bakal menghadirkan suporter tamu atau bonek.

Rencana ini diungkap Gibran setelah bertemu dengan Presiden Persebaya Azrul Ananda di Stadion Sriwedari, Rabu (21/6/2023).

Gibran menjelaskan wacana ini bakal dirapatkan oleh pihak kepolisian serta kedua manajemen Persis Solo dan Persebaya Surabaya.

"Suporter lawan, nanti Mas Azrul menyediakan bus. Tapi koordinasi dengan Pak Kapolresta dulu. (Kapasitas suporter lawan) Sesuai arahan Pak Kapolresta. Kalau saya welcome tadi sudah ketemu sama Mas Azrul," kata Gibran, Rabu (21/6/2023).

"Saya welcome dengan semua. Kan Persis dan Persebaya kan bolo (teman)," lanjutnya 

https://regional.kompas.com/read/2023/06/21/165510978/polisi-siapkan-mekanisme-pengawalan-keberangkatan-bonek-saat-nonton-persis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke