Salin Artikel

Dilanda Kekeringan akibat El Nino, 1.200 Warga Cibenda Karawang Butuh Bantuan Air Bersih

KARAWANG, KOMPAS.com - Akibat El Nino, Kampung Cibenda, Desa Parungmulya, Kecamatan Ciampe, Karawang, Jawa Barat, dilanda kekeringan. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang Mahpudin mengatakan, setidaknya ada ribuan warga butuh bantuan air bersih. 

"Sebanyak 1.200 warga dari 350 KK di Kampung Cibenda memerlukan air bersih," ujarnya.

Mahpudin berharap instansi atau pengusaha yang mempunyai fasilitas dan pengangkut air untuk turut membantu wilayah sekitarnya yang kekurangan air bersih.

Seperti diketahui, Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi El Nino melanda Indonesia pada Juli hingga Oktober 2023.

Mahpudin pun mengaku sudah memetakan beberapa daerah rawan kekeringan. 

"Kami telah memetakan daerah rawan kekeringan. Yakni ada sejumlah desa di lima kecamatan terancam kekeringan," kata Mahpudin di Kantor BPBD Karawang, Selasa (20/6/2023).


Rinciannya adalah Kecamatan Pakisjaya, Kampung Cibenda Desa Parungmulya Kecamatan Ciampel, dan Desa Wanajaya dan Wanakerta Kecamatan Telukjambe Barat.

Lalu Desa Kutamaneuh, Kutalanggeng, Cintalanggeng, dan Wargasetra Kecamatan Tegalwaru. Kemudian Desa Jatilaksana Kecamatan Pangkalan.

Mahpudin mengatakan, beberapa sumber air yang masih bisa digunakan warga di antaranya Cipanunda di Kutamaneuh, Cikahuripan, dan Cigurawes di Wargasetra.

"Yang saya agak was-was di Kutalanggeng, Cintalanggeng, dan Jatilaksana," ujarnya.

Untuk bantuan air bersih di Kampung Cibenda, BPBD telah mengirimkan delapan tangki air bersih.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/20/183143878/dilanda-kekeringan-akibat-el-nino-1200-warga-cibenda-karawang-butuh-bantuan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke