Salin Artikel

Idul Adha 2023, Distribusi Hewan Kurban di Kota Solo Bakal Diawasi

Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan telah merencanakan sejumlah skema pengamanan.  Mulai dari berkoordinasi dengan Pemerintahan Kota (Pemkot) untuk ketersediaan bahan pokok hingga penyekat angkutan ternak hewan qurban.

Seperti diketahui, mobilitas kendaraan peternakan ini, perlu diperhatikan untuk memastikan hewan yang disembelih dalam keadaan sehat dan sudah memiliki izin dari Dinas Peternakan.

Selain itu penyakit hewan ternak seperti PMK dan LSD, yang masih merebak di Indonesia, juga masih perlu diperhatikan.

"(Penyekat) Kita coba menunggu koordinasi dari Dinas Peternakan. Mungkin nanti akan mengadakan pengecekan pasar hewan atau tempat-tempat penjualan hewan kurban. Untuk langkahnya seperti apa nanti kita akan kolaborasi dengan Dinas,"  kata Iwan, Selasa (20/6/2023).

Terkait bahan-bahan pokok, pihaknya juga melakukan antisipasi kenaikan harga hingga pedagang nakal. Iwan mengatakan akan melakukan mekanisme pengecekan melakukan Satgas Pangan Polresta Solo, seperti Idul Fitri 2023, lalu.

"Seperti hari raya sebelumnya, kami berkoordinasi dengan pemerintahan atau departemen perdagangan akan memantau kondisi ketersediaan kebutuhan pokok di pasar," ujarnya.

Terkait masa libur Idul Adha selama tiga hari, Iwan mengatakan, akan melakukan antisipasi pengamanan dan penguraian titik-titik rawan macet di sejumlah ruas jalan. Dia memprediksi mobilitas warga akan meningkat. Baik dalam kota, kelur masuk hingga di sejumlah titik tempat wisata.

"Pergerakan orang dalam jumlah besar itu tentunya juga beriringan dengan kebutuhan-kebutuhan lainnya seperti sarana transportasi. Terlebih adanya libur," ungkap Iwan.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/20/155046778/idul-adha-2023-distribusi-hewan-kurban-di-kota-solo-bakal-diawasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke