Salin Artikel

Kisah Jamal, Selamatkan Lingkungan dengan Mesin Pengering dari Rongsokan, Limbah Kayu Jadi Cuan

TAKALAR, KOMPAS.com - Seorang pria di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, berhasil menciptakan mesin pengolah limbah hingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi belasan warga.

Mesin tersebut bahkan dirakit dari barang rongsokan yang diambil dari pemulung, Senin, (19/6/2023).

Jika menyebut "Mannongkoki" yang terletak di Kelurahan Mannongkoki, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, maka yang terbesit di kepala warga adalah mebel.

Sebab, kampung ini dikenal sebagai perajin mebel sejak puluhan tahun lalu.

Sebanyak 90 persen warga Mannongkoki memang berprofesi sebagai perajin mebel berupa lemari dan kursi serta perabot rumah tangga lainnya.

Meski demikian, pemerintah setempat harus bekerja maksimal guna mengantisipasi limbah dari kerajinan mebel ini.

Limbah berupa serbuk kayu ini mengakibatkan pencemaran lingkungan lantaran dibuang di berbagai tempat bahkan ke persawahan dan sungai. 

Memang yang jadi masalah di sini adalah limbah dari industri mebel ini. Sebab, masyarakat membuang limbah kayunya sembarangan sehingga berdampak ke lingkungan.

Dari permasalah limbah inilah seorang pria bernama Jamal (36) kemudian memiliki ide untuk memanfaatkan limbah kayu tersebut.

Rakit mesin dari rongsokan

Jamal kemudian merakit mesin mengolah limbah kayu tersebut untuk kemudian dijadikan bahan bisnis.

Mesin tersebut diciptakan secara otodidak yang bahan dasarnya dari barang rongsokan berupa drum bekas hingga rantai sepeda motor bekas yang dikumpulkan dari para pemulung.

Meski beberapa kali mengalami kegagalan, Jamal akhirnya berhasil menciptakan mesin yang mampu mengeringkan dan menghaluskan serbuk kayu limbah industri ini.

"Saya belajar secara otodidak, kalau tentang mekaniknya saya lihat dari YouTube. Tapi, kalau bahan dasar mesin ini memang murni dari hasil pemikiran pribadi, sebab saya rakit satu per satu, dan bahannya adalah barang rongsokan dan besi-besi tua" kata Jamal, saat dikunjungi Kompas.com, pada Kamis, (15/6/2023).

Tak hanya itu, bahan bakar mesin pengering ini adalah BBM bekas pakai atau oli bekas.

Oli bekas ini berfungsi sebagai bahan pembakar untuk mengeringkan serbuk kayu yang terus diolah secara otomatis di dalam wadah drum yang telah disambung menjadi 13 meter.

Serbuk kayu tersebut kemudian keluar dengan kondisi halus dan kering.

Dalam satu jam, mesin pengering ini sudah memproduksi hasil sebanyak 1 setengah ton.

Hasil pengelohan limbah ini kemudian dikirim ke pulau Jawa dan dijadikan bahan baku kertas, ram telur hingga obat nyamuk bakar.

"Dalam satu jam mesin ini memproduksi satu setengah ton dan hasilnya kami kirim ke Surabaya untuk dijadikan bahan baku berbagai produk," kata Jamal.

Dari pantauan Kompas.com, gudang pengering tersebut seluas 21x9 meter.

Mesin pengering tersebut sendiri memiliki panjang 15 meter.

Tak hanya mentah, serbuk kayu tersebut dimasukkan ke dalam wadah.

Sejumlah warga yang merupakan perajin meubel datang menyimpan serbuk limbah kayu di sekitar gudang.

Hal ini lantaran warga memang tidak memiliki lahan pembuangan limbah. 

Daeng Manye, perajin mengaku sangat berterima kasih kepada Jamal lantaran sejak mesin tersebut beroperasi dirinya tidak lagi membuah limbah kayu miliknya ke sungai dan areal persawahan.

"Dulu kami buang di sungai atau di sawah, tetapi sekarang sudah tidak lagi karena sudah mesin begini," kata dia, saat dikonfirmasi Kompas.com.

Kini, Jamal telah mempekerjakan 12 karyawan yang keseluruhannya adalah warga setempat.

Dalam sebulan, Jamal melakukan pengiriman hasil produksi 4 hingga 5 kali ke pulau Jawa.

Pemerintah setempat sendiri sangat mengapresiasi dengan karya Jamal ini.

Sebab, mesin itu mampu mengatasi pencemaran lingkungan akibat limbah serbuk kayu para warga.

"Dulu sawah di sini tidak bisa digunakan untuk menanam padi, sebab banyak warga membuang limbah serbuk kayunya ke sawah. Di sungai pun begitu, airnya kotor dan bau karena serbuk kayu. Tetapi, alhamdulillah sekarang sudah tidak lagi karena sudah ada mesin pengelolah limbah kayu" kata Lurah Mannongkoki, Dahlan, yang dikonfirmasi Kompas.com, sambil menunjukkan areal persawahan yang sempat tercemar limbah serbuk kayu.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/19/160241278/kisah-jamal-selamatkan-lingkungan-dengan-mesin-pengering-dari-rongsokan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke