Salin Artikel

Tiga Kali Rumah Ibadah Kerapatan Gereja Protestan Minahasa di Sigi dibakar OTK, Polisi Diminta Serius

Peristiwa itu terjadi Selasa (30/5/2023) lalu, sekitar pukul 09.42 Waktu Indonesia Tengah (WITA).

Kepala Bidang (Kabid) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen Kementrian Agama (Kemenag) Sulawesi Tengah, Kaleb Tokii mengatakan kasus ini sudah dilaporkan ke Polisi.

Kaleb berkata, gedung Gereja berukuran 14x6 Meter, ini sudah 3 kali dibakar OTK. "Pernah dibakar sampai rata tanah, dan kali ini hanya bagian dalamnya yang dibakar," kata Kaleb, dihubungi KOMPAS.com, Selasa (13/6/2023).

Yang dibakar saat itu adalah:

1.mimbar pelayanan yg besar dan yg kecil.

2.kotak persembahan

3.meja

4. Karpet Altar

5.kain taplak mimbar.

6. Kain latar belakang mimbar

7.Foto gambar Tuhan Yesus.

Menurut Kaleb, pasca-kejadiaan tersebut gereja itu tetap digunakan untuk ibadah setiap hari Minggu.

"Setelah dilakukan olah TKP (Olah Tempat Kejadian Perkara) gereja itu sudah digunakan dengan kondisi seadanya," ujarnya.

Anggota DPR RI, Matindas Janus Rumambi mengatakan kasus ini sudah berulang. Sampai saat ini polisi belum mengungkap siapa orang dibalik peristiwa dibakarnya rumah ibadah itu.

"Kepolisian harusnya lebih serius, apa pun rumah ibadah siapa pun itu harus diseriusi. Dalam menangani kasus seperti itu. Ini merupakaan pelanggaran serius, harus diusut," kata Matindas.

Atas kasus ini, pihak Kepolisian Resor Sigi telah melakukan olah TKP. Kepala Seksi (Kasi) Hubungan Masyarakat (Humas) Polres Sigi, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ferry Triyanto mengatakan beberapa saksi yang berada di sekitar lokasi, termasuk saksi yang ditugaskan menjaga gedung telah dimintai keterangan oleh pihak polres Sigi.

"Rekaman CCTV (Closed Circuit Television) gudang yang berdekatan dengan gedung tersebut telah diambil untuk dijadikan bahan penyidikan. Pelaku pembakaran belum dapat kami tetapkan karena masih dalam pengembangan." jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/14/064020078/tiga-kali-rumah-ibadah-kerapatan-gereja-protestan-minahasa-di-sigi-dibakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke