Salin Artikel

Harga Cumi-cumi di Semarang Naik Tajam Jadi Rp 55.000 Per Kg, Ini Sebabnya

Kepala Pasar Tambak Lorok, M Amron mengatakan, harga cumi-cumi mulai naik sejak dua minggu yang lalu. Pedagang Pasar Tambak Lorok juga mulai membatasi penjualan cumi-cumi. 

"Ini karena musim, saat ini sedang langka," jelasnya saat ditemui di Pasar Tambak Lorok, Selasa (13/6/2023).

Biasanya untuk ukuran cumi-cumi kategori besar dijual Rp 35.000 per kilogram. Namun, sejak cumi-cumi langka harganya naik menjadi Rp 55.000 per kilogram. Untuk harga cumi-cumi kategori kecil juga mengikuti. 

"Cumi-cumi yang kecil awalnya Rp 20.000 perkilogram, sekarang naik Rp 35.000 per kilogram," kata dia. 

Meski harga cumi-cumi naik, pembeli yang datang ke Pasar Tambak Lorok tidak berkurang. Hanya saja, lanjutnya, pembelian cumi-cumi yang jumlahnya berkurang. 

Salah satu penjual cumi-cumi Tambak Lorok, Saiyah menambahkan, beberapa kali stok cumi-cumi sempat kosong. Infomasi yang dia dapatkan, banyak nelayan yang mulai kesulitan cari cumi-cumi. 

"Katanya ini tidak musim," kata dia. 

Hal itu membuatnya terpaksa menaikkan harga cumi-cumi. Dia menjual cumi-cumi per kilogram Rp 50.000 untuk yang sekala besar. Untuk yang ukuran kecil dijual Rp 33.000 per kilogram. 

"Kita juga menyesuaikan harga dari nelayan biar tidak rugi," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/13/163604078/harga-cumi-cumi-di-semarang-naik-tajam-jadi-rp-55000-per-kg-ini-sebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke