Salin Artikel

15 Pelajar Terlibat Tawuran Di Depan Kantor Gubernur Banten, 4 Luka-luka

SERANG, KOMPAS.com - Aparat kepolisian menangkap 15 orang pelajar yang terlibat tawuran di depan pintu gerbang kantor Gubernur Banten di Jalan Syekh Nawawi Al Bantani, Kota Serang.

Sebanyak empat orang mengalami luka-luka dan sudah ada empat orang ditetapkan tersangka oleh aparat kepolisian.

Kapolresta Serang Kota Kombes Pol Sofwan Hermanto mengatakan, aksi tawuran yang melibatkan pelajar dari tiga SMKN di Kota Serang dan Lebak itu terjadi pukul 18.48 WIB, Rabu (7/6/2023) kemarin.

Janji tawuran di Instagram

Tawuran itu berawal dari tantangan melalui media sosial Instagram oleh SMK di Rangkasbitung, Lebak, pada Selasa (6/6/2023).

"Kemudian terjadi komunikasi lewat Instagram untuk janjian tawuran, pada Rabu, sekitar jam 15.00 WIB, SMK dari Rangkas bergeser ke Kota Sereng," kata Sofwan kepada wartawan di kantornya. Kamis (8/6/2023).

Disebutkan Sofwan, jumlah pelajar dari Rangkasbitung sekitar 20 orang menggunakan 10 motor ke ibu kota Provinsi Banten.

Sedangkan pelajar SMKN di Kota Serang, sebanyak 10 orang dengan menggunakan 5 motor.

Komunikasi pun kembali dilakukan untuk menentukan tempat, dan disepakati lokasinya di depan gerbang Kantor Gubernur Banten pukul 18.00 WIB.

"Tidak sempat perbincangan, langsung terjadi tawuran yang menyebabkan 4 orang luka. Mereka melakukan itu (tawuran) untuk mencari jati diri motifnya," ujar mantan Kapolres Pandeglang itu.


Sebanyak 15 orang diamankan setelah dilakukan penyisiran oleh petugas. Diketahui,  8 orang berperan sebagai joki,  7 orang lainnya ada yang berkomunikasi dan memegang senjata tajam.

Selain para pelajar, Polisi juga mengamankan sebanyak 7 bilah senjata tajam berbagai jenis seperti samurai, parang, dan yang lainnya.

Untuk tersangka keempat tersangka dikenakan pasal 170 KUHPidana tentang pengeroyokan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

"Tetap kita kenakan KUHP, hanya tata cara nya berbeda, tentu lebih spesifik, baik menempatkan sel dan penyidikan," tandas Sofwan.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/08/200000378/15-pelajar-terlibat-tawuran-di-depan-kantor-gubernur-banten-4-luka-luka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke