Salin Artikel

Operasi Jalak Sakti dan Trisula Perkasa, Jet Tempur F-16 Dikerahkan ke Belitung

Siang itu digelar latihan gabungan operasi jalak sakti dan trisula perkasa.

Kekuatan tempur yang menggabungkan pasukan dua matra itu memperagakan operasi kilat pembebasan sandera serta perebutan teritorial.

Pangkoopsudnas Marsdya TNI M Tonny Harjono mengatakan, dua pesawat tempur Hawk 109/209 dan F16 dari Lanud Suprapto Pontianak dan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru dikerahkan ke Belitung.

Ditambah latihan aksi perebutan pangkalan, penyelamatan sandera oleh komando pasukan gerak cepat (Kopasgat) TNI AU.

"Latihan ini rutin kami laksanakan tujuannya untuk melatih kesiapsiagaan operasional," ujar Tonny Harjono pada awak media.

Sebanyak 1.230 personel dilibatkan lengkap dengan berbagai alutsista pendukung.

Tonny mengungkapkan, Latgab Jalak Sakti dan Trisula Perkasa juga bertujuan melatih profesionalisme setiap personel TNI AU.

Terakhir, menguji doktrin yang sudah ditanamkan sekaligus mengevaluasi untuk kegiatan latihan operasi selanjutnya.

Berbagai alutsista yang dilibatkan mulai dari Hawk 109/209, F16, Hercules, NAS-332, Boeing 737, CN 295 dan helikopter kolibri EC-120 serta PL Super Puma.


Selain operasi udara, dalam latihan tersebut juga dilaksanakan operasi darat dari Kopasgat dalam merebut pangkalan udara menggunakan rantis terbaik seperti P6 ATAV dan ILSV.

Selanjutnya juga dikerahkan ratusan penerjun Kopasgat yang menghinasi langit Tanjung Pandan, mengundang decak kagum pada pengunjung AWR Buding.

Latihan juga melibat unsur dari instansi pemerintah daerah seperti Basarnas, BNPB, PMI, PMI serta PLN.

Jalak Sakti merupakan latihan dari Koops Udara I yang termasuk wilayah Indonesia bagian barat. Sedangkan Trisula Perkasa merupakan latihan gabungan dari Kopasgat.

Selama pelaksanaan berlangsung terdapat tim penilai yang menilai profesionalisme dari masing-masing personel mulai dari udara, penerjun maupun darat.

"Latihan ini menjadi bahan evaluasi untuk latihan ke depannya," kata Tonny.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/30/203001878/operasi-jalak-sakti-dan-trisula-perkasa-jet-tempur-f-16-dikerahkan-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke