Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Perut Bahar Smith Terluka akibat Ditembak OTK | Plt Ketua Golkar Kubu Raya Terjun ke Sungai

KOMPAS.com - Bahar bin Smith disebut terluka di bagian perut akibat ditembak oleh orang tak dikenal (OTK) pada Jumat (12/5/2023) malam.

Polisi kini masih menunggu hasil visum untuk memastikan penyebab luka tersebut.

Penembakan yang dialami Bahar terjadi di sekitar Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Dinas Perhubungan (Dishub) Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar).

Berita lainnya, Pelaksana tugas (Plt) Ketua Partai Golkar Kubu Raya M. Iqbal Zafarullah terjun ke Sungai Kapuas di Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, pada Minggu (14/5/2023).

Peristiwa itu terjadi usai Iqbal mengikuti pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) ke Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kubu Raya.

Berdasarkan keterangan sang istri, Iqbal diketahui sempat mengajak istrinya terjun ke sungai.

Berikut berita-berita yang menjadi sorotan pembaca Kompas.com pada Senin (15/5/2023).

Polisi akan menanti hasil visum untuk mengetahui luka di perut Bahar bin Smith yang diduga disebabkan oleh tembakan.

"Ada luka di sekitar perut, namun hasil visum belum keluar. Sehingga, kita belum bisa menginfokan lebih lanjut terkait kondisi dan penyebab luka tersebut," ujar Kepala Bidang (Kabid) Humas Kepolisian Daerah (Polda) Jabar Kombes Ibrahim Tompo, Senin.

Kasus dugaan penembakan terhadap Bahar Smith ini tengah diselidiki oleh polisi.

Ibrahim mengatakan, Bahar melaporkan kasus itu ke Kepolisian Sektor (Polsek) Kemang. Laporan diterima pada Jumat sekitar pukul 21.45 WIB.

Adapun laporan tersebut bernomor LP/--/B/V/2023/SPKT/POLSEK KEMANG/POLRES BOGOR/POLDA JABAR.

Baca selengkapnya: Kasus Penembakan Bahar bin Smith, Polisi Sebut Ada Luka di Perut Korban

Plt Ketua Partai Golkar Kubu Raya M. Iqbal Zafarullah meloncat ke Sungai Kapuas pada Minggu sekitar pukul 10.30 WIB. Kejadian tersebut berlangsung usai Iqbal mengikuti proses pendaftaran bacaleg di KPUD Kubu Raya.

"Terkait motifnya kami sedang dalami. Informasi sementara yang kami dapatkan dari istrinya, korban keluar dari kantor KPUD bersama istrinya dengan menggunakan mobil dan menuju ke arah Sungai Kapuas di (Desa) Kuala Dua," ucap Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kubu Raya AKBP Arief Hidayat, Senin.

Lantaran tak mau menuruti keinginan suaminya, sang istri sempat cekcok dengan Iqbal. Istri Iqbal kemudian turun dari mobil.

Kepala Sub Seksi Penerangan Masyarakat (Kasubsi Penmas) Polres Kubu Raya Aipda Ade menuturkan, setelahnya, Iqbal keluar dari mobil, lalu terjun ke sungai.

"Laki-laki (korban) keluar dari mobil menggunakan baju kuning berjalan menuju tongkang pasir kemudian menceburkan diri di belakang tongkang, tepat berada di jangkar tongkang," ungkapnya.

Baca selengkapnya: Kronologi Plt Ketua Golkar Kubu Raya Terjun ke Sungai Kapuas Usai Daftar Bacaleg, Sempat Ajak Istri

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengusulkan agar Ridwan Kamil menjadi calon wakil presiden bagi Ganjar Pranowo. Hal tersebut Uu sampaikan sewaktu menyambut Ganjar di Gedung Sate, Kota Bandung, Jabar, Minggu.

Menurut Uu, pria yang kerap disapa Emil itu cocok mendampingi Ganjar.

"Saya memberi usulan kembali kepada Pak Ganjar, untuk cawapresnya, Pak Mochamad Ridwan Kamil. Wajar kan saya orang Sunda menyodorkan kepada beliau, cawapresnya adalah Pak Mochamad Ridwan Kamil. Siapa tahu ada hikmah tersendiri," ungkapnya.

Dia memandang, bila Ganjar berpasangan dengan Emil pada pemilihan presiden 2024, 80 persen warga Jabar akan mendukung pasangan tersebut.

"Pada prinsipnya Pak Ganjar tidak keberatan, tetapi semuanya kembali ke partai karena beliau adalah orang yang ditugasi oleh partai," tuturnya.

Baca selengkapnya: Saya Memberi Usulan Kembali kepada Pak Ganjar, untuk Cawapresnya, Pak Mochamad Ridwan Kamil

Pemilik Perusahaan Otobus (PO) Sumber Alam, Anthony Steven Hambali, menganggap keberadaan Bus Trans Jateng dapat mematikan pengusaha transportasi daerah, khususnya bus dan angkot di Kabupaten Purworejo.

Steven menjelaskan, saat ini, Bus Trans Jateng memiliki trayek yang sama dengan angkot. Hal lain yang disorot Steven ialah soal tarif Bus Trans Jateng.

"Contohnya ya Mas, progam Bus Trans Jateng ini, bayangkan dari Kutoarjo ke Salaman hanya Rp 4.000, tapi apakah dipikirkan kalau itu bisa membunuh temen-temen Kopada," jelasnya, Senin.

Ia menilai terdapat ironi atas beroperasinya Bus Trans Jateng.

"Di satu sisi, pemerintah subsidinya besar sekali. Di sisi yang lain, pengusaha daerahnya mati, kan ini kayak digebuki bapak sendiri," terangnya.

Baca selengkapnya: Pemilik PO Sumber Alam Soroti Kebijakan Bus Trans Jateng, Dianggap Matikan Pengusaha Daerah

Keluarga MRR (25), tersangka kasus narkoba di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, mengaku diperas oleh jaksa dan polisi.

Terkait dugaan pemerasan yang dilakukan polisi berinisial FZ, ibu kandung MRR, SL (58), buka suara. Menurutnya, oknum polisi itu meminta Rp 10 juta untuk pisah berkas. Sebelumnya, SL juga mengaku diperas oleh jaksa.

Kondisi ini pun membuat SL bingung.

"Pada 4 Februari 2023, dijumpai polisi ini (FZ) dikasihnya cuma Rp 8 juta. Habis itu dibilang (FZ), uang ini mau diserahkan ke penyidiknya, biar dijadikan berkas terpisah, dia (anak SL) jadi pemakai di situ," papar kuasa hukum SL, Tomy Faisal Pane, Minggu.

Kabar adanya polisi yang memeras keluarga tersangka kasus narkoba dibantah oleh Kapolres Batu bara AKBP Jose DC Fernandes. Ia menyatakan bahwa tudingan itu tak berdasar. Pasalnya, penyelidikan sudah dilakukan sesuai prosedur yang berlaku.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Bandung, Agie Permadi; Kontributor Purworejo, Bayu Apriliano; Kontributor Medan, Rahmat Utomo | Editor: Reni Susanti, Muhammad Syahrial, Ardi Priyatno Utomo, Michael Hangga Wismabrata)

https://regional.kompas.com/read/2023/05/16/060600578/-populer-nusantara-perut-bahar-smith-terluka-akibat-ditembak-otk-plt-ketua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke