Salin Artikel

Gempa M 5,1 Terjadi di Laut Flores, Dirasakan di Dua Kabupaten di NTT

KUPANG, KOMPAS.com - Gempa tektonik dengan kekuatan magnitudo 5,1 terjadi di wilayah Laut Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (5/5/2023) malam pukul 19.44 Wita. Guncangan gempa dirasakan di dua daerah di NTT.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,1," kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kupang, Margiono, kepada Kompas.com, Jumat malam.

Margiono menjelaskan, episenter gempa terletak pada koordinat 7,36 derajat lintang selatan dan 120,16 derajat bujur Timur.

Dia menyebut, gempa itu berlokasi di laut pada jarak 111 kilometer timur laut Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, dengan kedalaman 586 kilometer.

Melihat lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, lanjut Margiono, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dalam yang disebabkan adanya deformasi batuan akibat mekanisme slab pull pada Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah Laut Flores.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault).

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap modeling), gempa ini menimbulkan guncangan di daerah Pasimasunggu, Kepulauan Selayar, dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Kemudian, daerah Manggarai dan Manggarai Barat, NTT, dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata dia.

Hingga pukul 19.53 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

https://regional.kompas.com/read/2023/05/05/204240678/gempa-m-51-terjadi-di-laut-flores-dirasakan-di-dua-kabupaten-di-ntt

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke