Salin Artikel

Di Labuan Bajo, Makanan untuk Presiden Jokowi dan Keluarga Dicek BPOM Sebelum Dihidangkan

Tempat penginapan dan menu makanan yang akan dihidangkan ke Presiden dan keluarga pun dicek ketat. Ada tim khusus yang memeriksa keamanan makanan yang disajikan untuk Presiden Jokowi dan keluarga.

Kepala Loka POM Manggarai Barat Andirusmin Nuryadin, mengatakan ada beberapa parameter yang diuji, antara lain; Sianida, Nitrit, Arsen, Timbal, Formalin, Borak, Rhodamin B, dan Methanil Yellow.

"Hasil uji dikoordinasikan dengan Paspampres untuk dinyatakan layak dihidangkan atau tidak layak," kata Andirusmin Nuryadin, saat dikonfirmasi Selasa (25/4/2023).

Ia menjelaskan, sistem pengawasan food security terhadap makanan Presiden Joko Widodo dan keluarga dilakukan lewat tiga jam sebelum presiden tiba di lokasi.

Sehingga, Loka POM melakukan food security pada beberapa titik kunjungan Presiden Joko Widodo dan keluarga di Labuan Bajo. Di antaranya di tempat transit Bandara Komodo, Hotel Meruorah, Hotel Ayana, dan Puncak Waringin.

"Pihak hotel yang menyiapkan makanan untuk presiden dan keluarga. Lalu, diambil sampel untuk diuji semua. Setelah semua dipastikan aman, baru bisa disantap oleh Jokowi dan keluarga," jelasnya.

Pihaknya menyatakan komitmen dan memastikan keamanan makanan Presiden Joko Widodo dan keluarga selama di Labuan Bajo.

"Nanti pengujian dilakukan lagi, bergantung dari jadwal presiden kunjungan ke mana," katanya.

Diketahui, pada Selasa (25/4/2023), Presiden Jokowi dijadwalkan mengecek persiapan Labuan Bajo sebagai tuan rumah jelang KTT ASEAN yang digelar 9-11 Mei.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/25/110152778/di-labuan-bajo-makanan-untuk-presiden-jokowi-dan-keluarga-dicek-bpom

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke