Salin Artikel

Warga Kawasan Keraton Solo Laksanakan Takbir Keliling: Bawa Obor hingga Adanya Atraksi Api

Semarak Lebaran 2023 ini, diikuti warga yang tergabung dari 13 jemaah masjid dan mushala di kawasan Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo.

Takbir keliling ini, tetap dilaksanakan meskipun Pemerintah menetapkan Shalat Idul Fitri pada Sabtu, (22/4/2023).

Tampak ratusan warga membawa oncor atau obor dari bambu yang berjalan sambil mengumandangkan ayat-ayat Al Quran, mengikuti rute yang sudah disediakan.

Kemudian, dipandu atraksi dan seni pertunjukan baik aransemen musik hingga atraksi api yang dimainkan oleh enam pemain api.

Setelah melakukan takbir keliling yang menyusuri mengelilingi Keraton kasunanan Solo, peserta takbir keliling ini berhenti di Kori Kamandungan Karaton Solo, untuk melakukan berbagai atraksi pertujukan Senin.

Bahkan, adanya aktraksi ini, sempat menyedot perhatian sejumlah pengendara dan warga yang melintas dikawasan tersebut dan berhenti menikmati pertunjukan.

"Unik, kembali ada kali ini. Di depan Karaton. Seru seru. Agak beda kayaknya ya. Kalau tahun sebelumnya atau biasanya hanya takbir membawa oncor (obor) berkeliling aja. Tapi ini ada sedikit pertunjukannya. Seru," jelas, Desi, saat menonton pertunjukan.

Sementara itu, Warga Buluwarti sekaligus pelatih Seni, Ari Satrio Wibowo mengatakan hal ini dilaksanakan sebagai bentuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 2023.

"Sedikit berbeda untuk menyambut di hari kemenangan umat muslim ini yang biasanya hanya takbiran keliling saat ini kita beri warna dengan sedikit seni pertunjukan," ungkap Ari.

"Ya kita lakukan ini untuk menambah semangat dan kemeriahan untuk menyambut hari raya Idul Fitri terus ada juga kita nyanyikan dua lagu Salam ya nabi," lanjutnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/21/081031278/warga-kawasan-keraton-solo-laksanakan-takbir-keliling-bawa-obor-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke