Salin Artikel

BERITA FOTO: 445.997 Pemudik Menyeberang dari Pelabuhan Merak, Malam Ini hingga Besok Diprediksi Padat

"Naik satu persen dibandingkan realisasi periode tahun lalu, yakni sebanyak 440.062 orang," kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin, dikutip dari TribunBanten.com, Rabu (19/4/2023).

Sedangkan jumlah kendaraan yang telah menyebrang melalui pelabuhan tersebut, dia mengatakan, jumlahnya sebanyak 102.037 unit atau turun 4 persen dibanding realisasi periode yang sama tahun lalu yang mencapai 106.090 unit.

Shelvy membeberkan, jumlah penumpang terbanyak pada periode arus mudik tahun ini terjadi pada 18 April 2023 pukul 08.00 WIB hingga hari ini, 19 April 2023 pukul 06.00 WIB.

Adapun realisasi total penumpang mencapai 106.637 orang, roda dua mencapai 8.345 unit, sedangkan realisasi kendaraan roda empat tercatat mencapai 13.282 unit.

Sementara truk logistik yang telah menyebrang dari Jawa ke Sumatera mencapai 1.317 unit. Dengan begitu, total seluruh kendaraan tercatat 23.515 unit yang telah menyebrang dari Jawa ke Sumatera pada H-4 lebaran.

Dipadati Pemudik

Kendaraan roda empat terlihat memenuhi area parkir kendaraan di seluruh dermaga Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten pada H-3 atau Rabu (19/4/2023).

Pantauan Kompas.com pukul 07.30 WIB, kendaraan pribadi mendominasi di seluruh dermaga mulai dari 1 hingga dermaga 7.

Kendaraan antre menunggu masuk ke dalam kapal untuk disebrangkan ke Pelabuhan Bakauheni Lampung.

Bahkan, subuh tadi sekitar pukul 04.30 WIB antrean kendaraan sempat mengular hingga keluar area pelabuhan.

Selain area parkir dermaga, tol gate atau loket check-in penumpang di dalam kendaraan terjadi.

Polisi dan petugas lainnya terus mengatur agar penumpang tertib, baik di area parkir dermaga, loket pemeriksaan tiket hingga di dermaga.

Diprediksi Masih Padat hingga Besok

Sementara itu Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia atau Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono menyebut tidak ada kemacetan di jalan tol maupun arteri menuju Pelabuhan Merak, Banten.

Hal itu disampaikan Gatot Eddy usai melakukan pemantauan via udara, lalu mengunjungi Pelabuhan Merak untuk mengecek pengamanan .

Menurut Eddy, kelancaran arus lalu lintas disebabkan beberapa faktor. Salah satunya dengan ditambahkan 3 pelabuhan dan mengoperasikan 64 kapal roro.

Meski tak ada kemacetan, Eddy memprediksi, masih akan ada peningkatan kendaraan di Pelabuhan Merak pada malam ini hingga esok.

"Kepadatan lalu lintas kita berharap dua, tiga hari ke depan sampai dengan hari H-nya seperti ini (lancar), bisa dikendalikan dengan baik dan juga gangguan keamanan bisa dikendalikan dengan baik," ujar Eddy.

(Penulis Kontributor Serang, Rasyid Ridho | Editor Muhamad Syahrial)

https://regional.kompas.com/read/2023/04/19/195740278/berita-foto-445997-pemudik-menyeberang-dari-pelabuhan-merak-malam-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke