Salin Artikel

Selama Arus Mudik, Bandara Syamsudin Noor Layani 9 Rute Penerbangan

BANJARBARU, KOMPAS.com - Bandara Internasional Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), melayani 9 rute penerbangan selama arus mudik Lebaran 2023.

General Manager Bandara Syamsudin Noor, Dony Subardono mengatakan, selain rute tujuan kota-kota besar, Bandara Syamsudin Noor juga melayani rute ke kota kecil, baik di Kalsel maupun di Kalimantan Tengah.

"Selama periode ini Bandara Syamsudin Noor akan melayani penerbangan penumpang dengan 9 rute yaitu Jakarta, Surabaya, Kulonprogo, Semarang, Balikpapan, Batulicin, Kotabaru, Muara Teweh, dan Kuala Pambuang," ujar Dony kepada wartawan, Jumat (14/4/2023).

Melihat antusiasnya warga yang hendak mudik, manajemen Bandara Syamsudin memprediksi akan terjadi lonjakan jumlah penumpang pada arus mudik dan balik tahun ini.

"Pada periode ini, diprediksi akan terjadi peningkatan jumlah penumpang sebesar 30,1 persen dengan total 160.960 penumpang dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 123.723 penumpang," jelas Dony.

Selain peningkatan jumlah penumpang, Dony juga memprediksi pertumbuhan aktivitas pesawat sebesar 12,3 persen dengan total 1.177 dibanding periode sebelumnya sebesar 1.048.

"Selaras pula dengan jumlah kargo yang bertambah 11,73 persen sejumlah 1.143.358 kilogram dibandingkan tahun sebelumnya hanya 1.023.360 kilogram," tambahnya.

Untuk memberikan rasa aman terhadap penumpang, pihaknya telah mendirikan posko mudik yang akan beroperasi selama 19 hari ke depan.

"Tidak perlu khawatir karena fasilitas kebandaraan maupun para petugas di lapangan sudah dipastikan siap melayani para penumpang dengan baik," pungkas Dony.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/15/062521178/selama-arus-mudik-bandara-syamsudin-noor-layani-9-rute-penerbangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke