Salin Artikel

Jalan Trans Papua Barat Rusak Parah akibat Abrasi Gelombang Laut

MANOKWARI, KOMPAS.com - Gelombang laut yang menghantam kawasan Kampung Wedoni, Distrik Orensbari, Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat, yang perbatasan dengan Distrik Tanah Tubuh, Kabupaten Manokwari, mengakibatkan Jalan Trans Papua Barat di lokasi itu nyaris putus.

Gelombang yang terjadi selama dua hari itu menerobos Talud hingga air meluap ke jalan utama bahkan ke pemukiman masyarakat Kampung Wedoni.

Direktur Lalu Lintas Polda Papua Barat Kombes Pol Raydian Kakrosono mengimbau agar pengendara yang melintasi kawasan tersebut berhati-hati.

"Sementara belum ada pengalihan arus, diatur secara bergantian saja dari dua arah di objek tersebut," kata Dirlantas Polda Papua Barat

Terpisah, Kapolres Manokwari Selatan AKBP Tolopan Simanjuntak menambahkan, ia telah meminta anggotanya di Polsek Orensbari untuk memasang papan peringatan.

"Telah dipasang tanda-tanda untuk tidak melintas baik berbentuk tulisan maupun dengan menggunakan drum serta kayu," kata Kapolres

Pemasangan tanda-tanda tersebut dilakukan karena jalan tersebut mengalami kerusakan dan rawan longsor akibat abrasi air laut dan sangat membahayakan pengguna jalan yang melintas.

"Kami melakukan apa yang bisa kami lakukan dengan sumber daya yang kami miliki. Masalah jalan ini sudah kami komunikasikan dengan pemerintah daerah setempat beberapa waktu yang lalu," jelasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Papua Barat Yohanes Momot belum menjawab konfirmasi hingga berita ini diterbitkan.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/10/201904478/jalan-trans-papua-barat-rusak-parah-akibat-abrasi-gelombang-laut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke