Salin Artikel

Jelang Mudik Lebaran: Ratusan Kios Dicek, Cegah Peredaran Produk Kedaluwarsa di Terminal Tirtonadi

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi, Bandiyono mengatakan pengecekan ini sebagai penjaminan kesehatan para pemudik saat berada di terminal.

"Kita terbuka dan sangat mendukung sekali adanya sidak ini. Karena makanan dan minuman cepat saji kadaluarsa yang diedarkan yang dapat merugikan kesehatan masyarakat," kata Bandiyono, pada Kamis (6/4/2023).

Total, ada 160 kios yang dicek secara menyeluruh oleh Tim Gabungan, menyasar produk-produk yang telah kedaluwarsa atau tak layak konsumsi, yang kasat mata. Yang dimungkinkan, menyebabkan keracunan.

"Masyarakat kita minta waspada, terutama saat membeli makanan. Periksa dulu tanggal kadaluwarsa di kemasan produk. Jangan sampai nanti malah sakit saat perjalanan mudik," jelasnya.

Lanjutnya, sebelumnya pencegahan juga sudah dilaksanakan. Dengan, melakukan pengecekan secara berkala pada kios-kios tersebut.

"Kalau secara internal kita selalu melakukan pembinaan dan pemantauan makanan, melalui paguyuban pedagang kios dan kantin. Hal ini kita lakukan secara berkala," jelasnya.

Sementara itu, Pedagang Terminal Tirtonadi, Wiwin, mengatakan produk makanan dan minuman yang sudah kedaluwarsa akan diturunkan dari etalase. Kemudian, akan diambil oleh distributor.

"Ada beberapa yang sudah kedaluwarsa, tetapi tidak kita pajang. Makanan itu akan diambil sama sales-nya dan diganti yang baru," jelasnya.

Upaya pencegahan ini, juga untuk konsistensi Terminal Tirtonadi, sebagai menyandang predikat Terminal Sehat yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan pada 2019.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/06/160856578/jelang-mudik-lebaran-ratusan-kios-dicek-cegah-peredaran-produk-kedaluwarsa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke