Salin Artikel

Dihantam Badai, KLM Buana Indah Terbalik dan Tenggelam

Sebelum tenggelam, kapal sempat dihantam badai pada sekitar 17.50 WIB hingga akhirnya mengalami kebocoran dan tenggelam.

"Benar, telah terjadi laka laut sebuah kapal yang ditumpangi delapan anak buah kapal," kata Kepala Basarnas Natuna, Abdul Rahman kepada Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Selasa (4/4/2023).

Berdasarkan laporan yang diterima Basarnas Natuna, KLM Buana Indah yang telah berlayar selama satu hari dari Tanjungpinang, Kepri, meminta pertolongan melalui radio karena kapalnya dihantam badai besar.

Keadaan itu menyebabkan terjadinya kebocoran di kamar mesin dan air masuk hingga ke geladak.

Kebocoran tidak dapat ditangani. Air pun tidak dapat dipompa keluar dengan mesin yang ada, sehingga sekitar pukul 21.41 WIB kapal tenggelam.

"Beruntung kedelapan ABK tersebut berhasil menyelamatkan diri, sebab saat kejadian disekitar KLM Buana Indah terdapat MV. GH Voyager, sehingga seluruh ABK langsung dievakuasi oleh ABK MV GH Voyager dan dinyatakan selamat," terang Abdul Rahman.

8 ABK dievakuasi

Tidak menunggu lama, setelah dilakukannya koordinasi antara Basarnas dan Bakamla RI, kedepalan ABK KLM Buana Indah langsung dievakuasi.

Menggunakan KN Belut Laut - 406, Bakamla RI mengevakuasi ABK KLM Buana Indah yang tenggelam di perairan Natuna.

"Alhamdulillah kedelapan ABK KLN Buana Indah dalam keadaan sehat," kata Sestama Bakamla RI Laksda TNI Tatit E. Witjaksono kepada Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Selasa (4/4/2023).


Tatit mengaku begitu mendapatkan informasi, langsung memerintahkan Kepala Puskodal Bakamla RI Kolonel Bakamla Asep Budiman untuk segera melaksanakan evakuasi.

"Atas dasar perintah tersebut, Kolonel Bakamla Asep Budiman meneruskan informasi kepada Direktorat Operasi Laut Bakamla RI, Zona Bakamla Barat, Stasiun Natuna Bakamla RI, Forum Koordinasi Puskodal, dan Aset Patroli Patroli Bersama Bakamla RI untuk segera menyelamatkan 8 ABK KLM Buana Indah," terang Tatit.

Selasa (4/4/203) dini hari, Tatit menambahkan KN Belut Laut - 406 yang dikomandani oleh Letkol Bakamla Muhammad Avessina, merapat ke MV. GH Voyager dan melakukan serah terima ABK KLM. Buana Indah, yang dikukuhkan dalam penandatanganan Berita Acara.

"Hingga saat ini seluruh ABK KLM Buana Indah masih dalam perjalanan menuju Zona Bakamla Barat," pungkas Tatit.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/04/173127378/dihantam-badai-klm-buana-indah-terbalik-dan-tenggelam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke