Salin Artikel

Kontainer yang Jatuh ke Laut di Pelabuhan Namlea Dibongkar, Polisi: Berisi Bahan Kimia Berbahaya

Berdasarkan pemeriksaan, kontainer itu berisi sejumlah bahan kimia berbahaya.

“Pada pukul 12.00 WIT telah dilakukan pembongkaran kontainer dan hasilnya berisikan bahan kimia berbahaya,” kata Kepala Seksi Humas Polres Pulau Buru Aipda Djamaludin kepada wartawan, Senin.

Pembongkaran kontainer itu melibatkan tim dari Direktorat Jenderal Penegakan Hukum pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Perikanan Kabupaten Buru, Polres Buru, dan instansi terkait lainnya.

Menurut Djamaludin, setelah diperiksa, sampel bahan kimia berbahaya itu diambil petugas Dirjen Gakum Kementerian LHK untuk diteliti lebih lanjut.

Isi kontainer 

berdasarkan pemeriksaan, jumlah bahan kimia berbahaya di dalam kontainer itu berjumlah 735 karung dan 11 jeriken.

“Jumlah total keseluruhan sebanyak 735 karung dan 11 jeriken. Tapi belum diketahui kandungan kimia berbahaya yang berada dalam tiap-tiap kemasan barang tersebut sehingga diperlukan uji lab terhadap sampel barang-barang tersebut,” katanya.

Adapun bahan kimia berbahaya yang ditemukan itu berupa etimaden etibor-48 borax pentahydrate dengan jumlah lima karung dengan ukuran per karung 25 kg.

Selanjutnya 294 karung caustic soda flake berukuran 25 kilogram, karbon aktif 138 karung, 154 karung kapur, dan 45 karung semen Portland Komposit Conch.

“Ada juga karung tanpa merek sebanyak 69 karung yang belum diketahui apa jenis barangnya,” katanya.


 

Sampel diperiksa di Puslabfor Polri

Sampel dari temuan bahan kimia itu akan dibawa ke Puslabfor Polri di Makassar untuk diuji lebih lanjut.

“Sampel barang bukti yang telah diperiksa akan dibawa ke Puslabfor untuk diteliti lebih lanjut,” katanya.

Sebelumnya, sebuah kontainer diduga berisi bahan kimia jatuh ke laut saat KM Doloronda melakukan aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Namlea, Selasa (28/3/2023).

Akibat insiden itu, banyak ikan di kawasan pelabuhan mati mendadak. Diduga bahan-bahan berbahaya itu sengaja dipasok ke Kabupaten Buru untuk kepentingan aktivitas tambang illegal di Gunung Botak.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/03/230254778/kontainer-yang-jatuh-ke-laut-di-pelabuhan-namlea-dibongkar-polisi-berisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke