Salin Artikel

Heboh Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Nunukan Kaltara, BMKG: Ada Ralat

Akun Twitter resmi BMKG juga menuliskan secara jelas, koordinat gempa berada di 6,48 Lintang Utara dan 115,87 Bujur Timur, tepatnya 349 kilometer di Timur Laut Nunukan, dengan kedalaman 610 Km.

Unggahan ini pun membuat masyarakat bertanya tanya. Apalagi, guncangan gempa, sama sekali tidak dirasakan masyarakat Nunukan.

Terkait hal tersebut, Kepala Stasiun BMKG Nunukan William Sinaga menjelaskan, informasi gempa tersebut, mengutamakan kecepatan. Sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data.

"Info adalah valid, namun ada ralat arah posisi, yaitu 349 km barat laut Nunukan. Cukup jauh jaraknya, dan sumber gempa berada di posisi laut China Selatan," ujarnya.

Biasanya, kata William, seluruh kejadian akan tertera jelas dalam Ina-TEWS BMKG. Termasuk arahan, dampak dan hasil perhitungan PGA Max dan MMI berdasarkan data observasi peralatan Accelerometer.

‘’Sampai saat ini belum ada diterima info maupun laporan dari masyarakat yang merasakan gempa tersebut. Sehingga masyarakat diminta bijak terhadap berita berita yang tidak valid dan terkonfirmasi atas dampak gempa tersebut,’’ imbaunya.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/03/140744978/heboh-gempa-magnitudo-56-guncang-nunukan-kaltara-bmkg-ada-ralat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke