Salin Artikel

DPRD Flores Timur Usulkan 3 Nama Pengganti Pj Bupati ke Kemendagri, Semuanya Putra Daerah

Ketiga nama itu akan diusulkan DPRD ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pengusulan tiga nama tersebut setelah pimpinan DPRD Flores Timur menerima surat dari Kemdagri nomor 100.1.2.3./1773/SJ, tanggal 27 Maret 2023.

Dalam surat itu, Kemendagri meminta DPRD mengusulkan nama pengganti Doris Alexander Rihi yang jabatannya akan selesai pada Mei 2023.

Ketua DPRD Flores Timur Robertus Rebon mengatakan sudah menetapkan tiga nama untuk diusulkan ke Kemendagri RI.

Robertus enggan menyebut siapa ketiga orang tersebut. Namun, ia memastikan ketiganya merupakan putra daerah Flores Timur.

"Ketiga nama itu merupakan putra daerah Flores Timur dari tiga daratan, yakni Flores Timur, Adonara, dan Solor," ujar Robertus di Larantuka, Jumat (31/3/2023).

Robertus tidak mempersoalkan jika Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat diberikan ruang yang sama untuk mengusulkan nama Penjabat Bupati Flores Timur.

Sebab, politisi PDI Perjuangan (PDI-P) ini menilai keputusan terakhir ada di Kemendagri.

"Saya tidak mengeklaim bahwa usulan DPRD itu menjadi tunggal. Tetapi, jika pimpinan DPRD dan gubernur diberikan wewenang untuk mengusulkan maka yang memutuskan adalah Mendagri," ucapnya.

Doris Alexander Rihi dilantik menjadi penjabat bupati Flores Timur oleh Gubernur Viktor Laiskodat, Minggu (25/5/2022). Ia sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi NTT.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/31/103638878/dprd-flores-timur-usulkan-3-nama-pengganti-pj-bupati-ke-kemendagri-semuanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke