Salin Artikel

Antisipasi Kelangkaan BBM di Lembata, BPH Migas Siapkan Tangki Penampung

LEMBATA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) berencana menyiapkan tangki penampung bahan bakar minyak (BBM) untuk mengantisipasi kelangkaan BBM di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal itu disampaikan Kepala Bagian Ekonomi Pemkab Lembata El Mandiri saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (21/3/2023).

El mengatakan, BPH Migas telah berkunjung ke Lembata untuk mengkaji persoalan antrean BBM yang selama ini terjadi.

Mereka juga meninjau depo mini BBM atau jobber milik Pemkab Lembata. Berdasarkan hasil kajian BPH Migas, perlu ada pembenahan di lokasi jobber tersebut, seperti tangki minyak dan pipa penyalur minyak yang tidak layak digunakan.

BPH Migas, kata El, berjanji akan berkoordinasi dengan PT Pertamina untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

"Dalam waktu dekat BPH Migas berencana juga menempatkan ISO tank di lokasi jobber untuk menampung sementara suplai BBM dari Patra Niaga Maumere," ujarnya.

El melanjutkan, BPH Migas juga akan mendatangkan kapal pengangkut minyak setingkat self propelled oil barge (SPOB) ke Lembata.

Dengan begitu, tambahnya, persoalan BBM yang selama ini terjadi bisa segera diatasi.

"Pasti ke depan dijamin stok selalu tersedia dan tidak ada kelangkaan seperti yang selama ini terjadi," katanya.

El menambahkan, hingga saat ini pihaknya juga masih menunggu regulasi yang mengatur kewenangan pom mini atau pertamini untuk menjual BBM.

Sebab, di wilayah Lembata, ketersediaan tempat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) masih kurang.

"APMS satu unit, SPBU nelayan dua unit dan SPBU satu harga satu unit. Kalau pertamini ada 30 unit, jadi kita tunggu regulasinya, sehingga pertamini bisa digunakan untuk jual BBM," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/21/081117878/antisipasi-kelangkaan-bbm-di-lembata-bph-migas-siapkan-tangki-penampung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke