Salin Artikel

Jalur Kereta Api Kuripan-Plabuan Jateng Berpotensi Korosi akibat Air Laut

Kepala Daop 4 Semarang, Wisnu Pramudyo mengatakan, perlintasan sepanjang Kuripan - Plabuan berdekatan dengan air laut yang berpotensi menyebabkan korosi.

"Ada potensi korosi akibat luapan air laut. Hal itu menjadi fokus utama pemeriksaan kali ini," jelasnya saat dikonfirmasi, Rabu (15/3/2023).

Dia menjelaskan, pemeriksaan telah rutin dilakukan setiap minggu. Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk meminimalisir kejadian yang dapat membahayakan penumpang kereta api.

"Kita cek langsung untuk melakukan antisipasi," kata dia.

Selain daerah yang berdekatan dengan laut, KAI Daop 4 Semarang juga melakukan pengecekan di daerah pantauan khusus.

"Kita juga lakukan pengecekan di daerah pantauan khusus seperti daerah rawan longsor, kondisi jembatan kereta dan saluran air yang ada di sekitar rel kereta api," imbuh Wisnu.

"Sterilisasi jalur kereta api dari pepohonan yang dapat mengganggu jarak pandang masinis juga Kuta lakukan,” ungkapnya.

Wisnu berharap, dengan dilaksanakannya pemeriksaan tersebut kondisi prasarana di seluruh lintas dapat terjaga serta dapat mewujudkan keselamatan perjalanan kereta api.

“KAI berkomitmen untuk terus bersiaga dan melakukan perawatan maupun perbaikan jalur agar perjalanan kereta api di seluruh area kerja KAI senantiasa lancar dan selamat,” ucap Wisnu.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/15/203033778/jalur-kereta-api-kuripan-plabuan-jateng-berpotensi-korosi-akibat-air-laut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke