Salin Artikel

Harga Cabai di Semarang Semakin Pedas Jelang Ramadhan, Pemkot Semarang Ungkap Penyebabnya

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Semarang, Nurkholis mengatakan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga cabai dan bawang tidak stabil.

"Kalau cabai dan bawang menang tidak bisa disimpan lama-lama. Soal cuaca juga jadi kendala," jelasnya saat dikonfirmasi, Selasa (14/3/2023).

Dia menjelaskan, rata-rata harga bawang merah di pasar tradisional Kota Semarang berkisar Rp 35.000 per kilogram. Sementara, untuk harga cabai berkisar Rp 60.000 per kilogram.

"Harga cabai memang fluktuatif dan cenderung tak stabil," kata dia.

Disdag Kota Semarang sudah melakukan beberapa upaya agar harga kebutuhan pokok di Kota Semarang bisa stabil menjelang Bulan Ramadhan.

"Kita sudah melakukan pemantauan dan operasi pasar," imbuhnya.

Terpisah, pedagang bahan pokok atau sembako di pasar tradisional Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mengeluh karena harga cabai dan telur tak kunjung turun jelang Bulan Ramadhan.

Pedagang sembako Pasar Peterongan, Irma (35) mengatakan, harga komoditas telur dan cabai  masih tinggi sejak beberapa bulan yang lalu.

Selain harga cabai dan telur, harga beras juga tidak kunjung turun meski sudah berlangsung panen raya.

"Jadi harganya stagnan segitu terus," kata dia.

Pada Febuari 2023 harga telur di Pasar Peterongan mencapai Rp 26.000 per kilogram. Sementara di Bulan Febuari naik lagi menjadi Rp 28.000 per kilogram.

"Sampai saat ini sering naik turun tapi tak banyak," ujarnya.

Di lokasi yang berbeda, pedagang sembako Pasar Karangayu, Yati (58) mengungkapkan bahwa harga cabai rawit merah sudah mencapai Rp 70.000 per kilogram.

"Awalnya kemarin Rp 65.000 sekarang Rp 70.000 per kilogram," imbuhnya.

Biasanya, lanjut Yati, harga barang sembako bakal naik lagi menjelang Hari Raya Idul Fitri. Kenaikan harga tersebut sudah terjadi setiap tahun.

"Biasanya yang baik signifikan nanti jelang lebaran (Idul Fitri)," ungkap Yati.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/14/153816178/harga-cabai-di-semarang-semakin-pedas-jelang-ramadhan-pemkot-semarang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke