Salin Artikel

Kronologi 3 Pekerja Tewas Jatuh ke Dalam Kontainer Limbah di PT Pertamina Hulu Rokan

KOMPAS.com - Tiga pekerja menjadi korban kecelakaan kerja di area PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) di Riau, Jumat (24/2/2023).

Kecelakaan kerja ini menimpa ketiga korban hingga tewas akibat terjatuh ke dalam kontainer limbah.

Ketiga korban merupakan pekerja dari PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI), subkontraktor PT PHR di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Kronologi kejadian

Kapolres Rohil, AKBP Andrian Pramudianto menyebut, ketiga pekerja yang tewas bernama Hendri (54) bekerja sebagai PMCOW, Ade (37) sebagai Operator Dewatring, dan Dedi (44) sebagai Operator Evaporator.

"Tiga korban ini terjatuh ke dalam kontainer limbah yang menyebabkan meninggal dunia," kata Andrian dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (25/2/2023).

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Rohil AKP Reza Fahmi menambahkan, ketiga pekerja meninggal dunia di tempat kejadian perkara (TKP).

Lokasinya di CMTF Balam Selatan, Kecamatan Bangko Pusako, Rohil.

Ketiga korban terjatuh ke dalam kontainer limbah saat sedang bekerja.

"Jenazah korban sudah dibawa ke klinik untuk divisum," sebut Reza.

Reza mengatakan, ketiga pekerja itu ditemukan mengapung di dalam kontainer berisi cairan limbah. Ketiganya masih memakai atribut kerja.

Lakukan investigasi

Pihak kepolisian melakukan olah TKP pada kasus kecelakaan kerja tersebut.

PT PPLI menyebut, pihaknya saat ini melakukan investigasi terkait kecelakaan kerja tiga pekerja tersebut.

"Sehubungan dengan insiden yang terjadi di lokasi Balam, Kelurahan Bangko Bakti, Rohil, PPLI saat ini dibantu oleh PHR dan SKKMigas masih melakukan investigasi," kata Arum Tri Pusposari selaku PR & Legal Manager PT PPLI dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu.

Arum menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada jam istirahat, di mana tidak ada jadwal kegiatan untuk berada dalam area kejadian.

Karena itu, pihaknya sedang mendalami motif dari para korban sehingga insiden tersebut bisa terjadi.

"Untuk para pekerja PPLI yang meninggal dunia, atas nama jajaran direksi dan manajemen PPLI beserta seluruh karyawan, kami menyampaikan duka cita mendalam," ucap Arum.

Selanjutnya, pihaknya mengaku telah berkordinasi dan menyampaikan informasi tersebut kepada pihak keluarga korban.

"Kami terus melakukan pendampingan terhadap keluarga, dan telah menyiapkan santunan kepada keluarga almarhum," tutup Arum.

Sementara itu, pihak Hubungan Masyarakat (Humas) PT PHR, Yulia Rinta Wati saat dikonfirmasi Kompas.com, menyebut bahwa ketiga korban itu merupakan pekerja rekanan PHR.

"Tanggapan kecelakaan ini silakan kontak pihak PT PPLI," singkat Rinta melalui pesan WhatsApps, Sabtu.

Sebagai informasi, sebelumnya kecelakaan kerja teejadi di sumur minyak di Wilayah Kerja Pertamina Hulu Rokan (PHR) di Desa Minas Barat, Kabupaten Siak, Riau, Rabu (18/1/2023) lalu.

Seorang korban bernama Derison Siregar (23), warga asal Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, tewas. Korban tewas pada saat melakukan kerja pengeboran sumur minyak.

Sumber: Kompas.com (Penulis Kontributor Pekanbaru, Idon Tanjung | Editor Ardi Priyatno Utomo)

https://regional.kompas.com/read/2023/02/25/134912378/kronologi-3-pekerja-tewas-jatuh-ke-dalam-kontainer-limbah-di-pt-pertamina

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke